Minggu, 13 Februari 2022

URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Pertama


Halaman Museum Fatahillah
Urban Photography
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 13 Februari 2022

Sekilas Tentang Urban Photography

Fotografi memiliki berbagai macam aliran alias genre. Sebagian dari penikmat dan pelaku fotografi pastinya sudah tak asing dengan street photography atau fotografi jalanan (Baca juga artikel tentang street photography diblog ini ya Sob). Hampir sama dengan fotografi jalanan, urban photography memiliki tata cara alias teknik yang mirip-mirip dengan fotografi jalanan.

Sobat Jepret, sebagian dari Sobat mungkin pernah atau tertarik mengambil gambar tentang suasana perkotaan. Misalnya, foto-foto yang menampilkan objek hiruk-pikuk kota, kendaraan bermotor yang lalu lalang, maupun kinclang-kinclong lampu di jalanan perkotaan yang ditampilkan seperti jejak cahaya. Foto-foto inilah yang menggambarkan genre fotografi urban.

Fotografi urban bukan hanya menangkap objek manusia seperti yang dilakukan fotografi jalanan. Lebih dari itu, fotografi urban juga menangkap berbagai objek di perkotaan, baik surealis maupun tidak. Seperti dilansir dari salah satu situs, brighthub.com, fotografi urban juga disebut dengan cityscape photography atau fotografi lanskap perkotaan.

Fotografi urban pada prinsipnya merupakan bagian dari fotografi lanskap. Hanya, pemandangan yang ditangkap adalah objek-objek urban, di mana dibuat secara menyeluruh, baik itu objek gedung, ruang publik dan elemen-elemen lain yang memiliki estetika dan karakter sosial.Sobat Jepret, pada fotografi urban, objek yang dijebak lensa kamera merupakan refleksi dari gaya hidup perkotaan. Kesibukan perkotaan dengan hiruk-pikuk dan centang perenang kendaraan yang bersliweran, gedung-gedung tinggi dengan komposisi bentuk yang berbeda hingga berbagai objek unik yang bisa ditangkap oleh mata lensa.

Halaman Stasiun Beos
Urban Photography
trisoenoe.com

Apa Sebenarnya Urban Photography Itu?

Rasanya memang sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi para pelaku dan penggila fotografi untuk mengenal lebih dekat dengan urban photography. Ya, pengertian urban photography sendiri merupakan sebuah aliran dalam dunia fotografi. Nah biasanya, objek yang diambil merupakan objek yang berada di ruang terbuka. Aliran fotografi ini juga dikenal sebagai aliran jalanan.

Biasanya objek yang diambil dilakukan dengan cara candid atau tanpa pengarahan alias dadakan terlebih dahulu (beda tipis dengan tahu bulat, sama-sama dibikin dadakan....biar anget). Biasanya dalam foto ini seolah-olah menggambarkan kondisi yang tidak ada tanpa adanya batasan objek. Kegiatan fotografi ini bisa dilakukan di jalanan, pasar, terminal, mall, stasiun atau tempat lainnya

Artikel ini bersambung ke Bagian kedua, dengan judul: "URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Kedua"

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar