Sabtu, 19 Februari 2022

URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Ketiga


Keramaian di Kota "Toea"
Urban Photography
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Sabtu, 19 Februari 2022

Apa kabar Sobat Jepret semuanya. Seperti yang sudah saya janjikan tempo hari, saya akan sambung artikelnya, dan artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel kedua (URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Kedua), dan inilah artikelnya:

8 Tips untuk menghasilkan jepretan urban photography yang ciamik


Sobat, kalau di kedua episode sebelumnya, yang dijabarkan adalah mengenai filosofi, sejarah, asal-usul, dan juga teknik dari fotografi urban, maka pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah beberapa tips yang cocok dijadikan dasar untuk memulai fotografi urban. Nah, beberapa tips itu adalah:

Fotografer
Urban Photography
trisoenoe.com

1. Pilih kamera yang sesuai dengan panggilan jiwa Sobat 

Sampai sekarang, masih banyak perdebatan mengenai kamera yang pas untuk digunakan memotret dalam aliran ini. Apakah menggunakan kamera mirrorless, kamera DSLR, kamera saku, kamera HP, ataukah kamera analog untuk fotografi urban. Kamera saku mirrorless berukuran kecil dan ringan, yang berarti tidak terlalu membebani tubuh Sobat saat harus berjalan-jalan memotret untuk waktu yang lama. Kelebihan memotret dengan kamera DSLR adalah Sobat akan memiliki pilihan lensa yang lebih banyak, masa pakai baterai yang lebih lama, dan jendela bidik optik yang bekerja lebih baik dalam kondisi kurang cahaya. 

Baik kamera DSLR maupun mirrorless menghasilkan foto dengan kualitas yang sebanding. Untuk kamera yang di HP, malah lebih praktis lagi. Selain ringan dan juga simple, kamera yang ada di beberapa HP jama sekarang malah sudah punya kualitas yang ga main-main. Untuk kamera saku, juga mirip-mirip dengan kamera HP, tapi punya kualitas yang kurang lebih sama. 

Tapi, kalau mau kelihatan nyentrik serta berbeda, atau memang sesuai dengan getaran jiwa yang selaras dengan jeritan hati, tak ada salahnya kalau Sobat menggunakan kamera analog. Jadi, pertimbangkan matang-matang pentingnya serta cocoknya masing-masing tipe kamera dan putuskan mana yang bisa membuat Sobat menjadi maksimal dalam memotret dan sekaligus menjadi fotografer urban yang jempolan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: TIPS FOTOGRAFI - "KAMERA YANG TERBAIK ADALAH KAMERA YANG KAMU MILIKI !")

Menunggu di Keramaian
Urban Photography
trisoenoe.com

2. Jadikan warna sebagai pilihan kekuatan dalam frame

Manfaatkan “carut-marut” warna yang semarak di seluruh ekosistem urban di sekitar Sobat. Boleh itu pakaian warna-warni pejalan kaki di lautan warna netral, atau sepetak rumput hijau cerah yang tumbuh dari jalan berbatu, cari warna dan foto dengan niat. Atau, jika menurut Sobat menampilkan warna dapat mengalihkan perhatian dari cerita yang ingin Sobat ceritakan di foto Sobat. Tapi, tak ada salahnya juga kalau sobat mulai pertimbangkan untuk memotret dalam hitam dan putih untuk menghilangkan gangguan warna-warni dalam cerita di foto Sobat.

Intinya, bisa warna, bisa hitam dan putih, bisa juga warna lain yang Sobat suka. Semua kembali ke kesukaan Sobat saja.

Artikel ini bersambung ke Bagian keempat, dengan judul: "URBAN PHOTOGRAPHY (Eksplorasi Objek Perkotaan) Bagian Keempat"

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar