Rabu, 01 Juni 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Pertama)


"Meniti Titian, Menuju Lautan"
Human Interest Photography
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Rabu, 1 Juni 2022

Fotografi adalah sebuah karya seni, dan ini adalah realitas yang mutlak. Karena itu, fotografi jelas sangat membutuhkan medium untuk dipamerkan atau diper”tonton”kan. Kalau di jaman dahulu, sarana untuk memamerkan hasil jepretan fotografer masih serba terbatas (biasanya di galeri seni, atawe pada saat ada pameran fotografi, atau di event-event tertentu saja), maka sekarang itu semua sudah tak lagi sama. Pola fotografi sudah berubah karena mediumnya tidak hanya media cetak doang. Hasil jepretan sekarang bisa dipamerkan di berbagai "wahana", bisa di galeri seni, media cetak, atau bahkan hanya di dunia maya. Dan internet sekarang sudah menobatkan diri menjadi sarana yang paling utama untuk memamerkan hasil foto.

(Baca juga satu tulisan yang sangat menarik tentang fotografi, yang berjudul: "10 Langkah Awal Belajar Fotografi Praktis")

Kalau dulu, seorang fotografer bakalan pusing tujuh keliling cari jalan untuk memamerkan karyanya, saat ini tampaknya hal itu tidak lagi jadi soalan. Saat ini, karya foto sangat mudah untuk dipamerkan, ongkos produksinya juga ga mahal-mahal amat. Dengan media internet, fotografer tidak perlu repot untuk cetak hasil jepretannya, yang tentunya bakal sangat menghemat biaya produksi.

"Bunga Teratai"
Fotografi Hitam Putih
trisoenoe.com

Dunia internet saat ini memang memungkinkan para fotografer untuk berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan siapa pun dan di belahan dunia manapun.  Website bisa sangat membantu, bukan hanya untuk mengumpulkan portofolio, tetapi sebagai referensi dan sekaligus sebagai galeri foto pribadi Sobat.

Akan sangat mubazir kalau hasil jepretan super ciamik yang Sobat miliki tidak diketahui oleh banyak orang. Apalagi kalau Sobat memang mau benar-benar serius untuk “terjebak” dalam dunia fotografi. Internet akan sangat membantu Sobat untuk mewujudkan cita-cita itu. 

So, dalam artikel yang sambung-menyambung ini, saya akan kasih beberapa tips agar Sobat bisa memanfaatkan internet sebagai kawan baik yang akan membantu Sobat dalam rangka menyebarkan karya-karya ciamik Sobat. Dan tips-tips tersebut adalah:

"Lampu"
Fotografi Minimalis dalam Hitam Putih
trisoenoe.com

A. Mulailah untuk membuat blog pribadi


Jika Sobat belum bisa untuk membuat sebuah website pribadi karena beberapa alasan, Sobat jangan langsung menyerah begitu saja. Sobat bisa membuat blog yang sederhana terlebih dahulu. Blog ini menjadi sangat penting karena bisa menjadi perpustakaan pribadi bagi foto-foto Sobat, sekaligus menjadi galeri pribadi yang bisa juga menjadi alat komunikasi yang sangat tepat kepada khalayak ramai di dunia.

Demikianlah Sobat, untuk cerita bagian pertama, dan selanjutnya akan disambung ke bagian kedua, dengan judul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Kedua)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar