Sabtu, 25 Juni 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Kedua)


Bunga !
Foto dengan komposisi tengah
trisoenoe.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022

Salam jumpa Sobat jepret semuanya. Tulisan kali ini dibuat untuk meneruskan cerita yang sudah tayang "bertahun-tahun" yang lalu. Supaya Sobat dapat memahami, silahkan mampir dan baca cerita bagian pertamanya, dengan judul; "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Pertama)". Dan sebagai kelanjutannya, inilah artikel bagian kedua:

Salah satu hal yang paling menguntungkan ketika mempunyai blog adalah kita memiliki database karya kita. Ini sangat penting ketika melakukan presentasi, calon korban (alias klien) akan dengan sangat mudah mengidentifikasi aura serta “nafas dan kharakter” fotografi kita dengan melihat blog kita terlebih dahulu. Kita juga tidak perlu bersusah-payah bertemu orang kalau ingin memperlihatkan hasil karya jepretan yang kita miliki. Dengan mudah kita bisa menunjukan alamat blog dan biarkan orang tersebut yang melihatnya.

Jika Sobat aktif menggunakan blog, maka Sobat akan mendapatkan beragam tanggapan dari orang-orang yang mampir ke blog Sobat. Tanggapan itu nanti modelnya akan macam-macam, mulai dari tanggapan yang biasa-biasa saja, tanggapan yang nyelekit, tanggapan yang bikin pedes hati, tanggapan yang bikin senang hati, dan bukan tidak mungkin, tanggapan itu mungkin saja sebuah permintaan untuk memotret. Masukan menjadi sangat penting karena kritik adalah sebuah cermin untuk menjadikan kita lebih baik kedepannya. Selain itu, jangan lupa cantumkan nomor kontak Sobat di Blog. Karena siapa tahu ada yang tertarik dan ingin menggunakan jasa Sobat.

Lorong !
Foto dengan komposisi segitiga
trisoenoe.com

Hal yang lebih ciamik lagi adalah, Sobat dapat menggunakan blog Sobat sebagai sarana untuk mendapatkan uang (selain cara-cara konvensional seperti: pesugihan, tuyul, menggadaikan kamera, menjual lensa, nyopet, menjambret, menjadi manusia silver, dan lain sebagainya). Banyak sekali para Blogger yang saat ini cukup kaya hanya dengan mengutak-atik dan isi artikel di blog mereka. Mereka dengan rajin meng-update konten blog sendiri dengan sesuatu yang original dan menarik bagi banyak orang. Ini akan menaikkan traffic pembaca yang berkunjung ke blog-nya setiap hari. Di sini celah untuk pasang-pasang iklan semakin terbuka besar.

Lalu, bagaimana caranya membuat blog yang Sobat miliki bisa menjadi menarik? 

Disini, saya akan menyajikan beberapa tips yang menarik dan rasa-rasanya patut untuk disimak. Menurut majalah "Forbes", ada 14 cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat blog Sobat populer, tetapi di sini saya akan memberikan beberapa point yang paling penting saja. 

Bunga !
Foto dengan komposisi segitiga
trisoenoe.com

Dan beberapa point tersebut adalah:


1. Buatlah sebuah blog 

Jikalau Sobat ingin supaya blog Sobat menjadi populer, dan ramai pengunjung, pertama kali yang Sobat harus lakukan adalah membuat blog tersebut. Saya rasa, saya tak perlu menerangkan lebih jelas lagi untuk point ini. 
Malu rasanya kalau saya harus menerangkan tentang ini. Sobat pikirlah sendiri!

Sobat, demikianlah cerita bagian kedua ini, dan selanjutnya akan disambung ke bagian ketiga, dengan judul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Ketiga)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar