Senin, 28 Agustus 2017

Tips Fotografi - 10 Ide Untuk Memotret Kota



Ciledug, Tangerang, Banten, 26 Agustus 2017
(Telat posting, baru diposting Senin, 28 Agustus 2017)

Ini hari Sabtu! Kebetulan seharian ini cuacanya luar biasa "manis" alias puanasssss! Dan kalau cuaca lagi panas membahana seperti ini, 1001 alasan muncul di kepala untuk tidak bergerak alias "mendekam" di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Iya juga, panas kaya gini! Siapa juga yang bersedia untuk ber "hangat" ria di luar ruangan, jangankan manusia, jin iprit sekalipun bakalan ogah diajak jalan!


Tapi, ternyata ada juga sebagian orang yang terpaksa untuk berada di luar ruangan, dengan bermacam-macam alasan, dan kebanyakan alasannya adalah...,"kerja"!

Ya!..,Kerja. Termasuk saya sendiri....,Terpaksa harus masuk kerja di hari ini! Udah hari ini hari Sabtu, panas pula! Bikin mood di hati jadi kacau balau macam es campur, campuran antara males, cape, sebel, eneg, muak, dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya!

Nah, daripada keselnya dilarikan ke hal-hal yang tidak berguna, ada baiknya saya nulis aja deh, masih tentang fotografi, tentang ide untuk memotret kota, so...demikian ceritanya...cekidot :

10 Ide Memotret Kota

Lingkungan urban penuh dengan kesempatan menarik untuk mengabadikan berbagai objek. Mulai dari gedung pencakar langit yang tersebar di kota sampai dengan kesibukan penghuninya yang berlalu lalang. Selalu ada banyak alasan membawa kamera ke lokasi-lokasi menarik ini.

Pada bahasan kali ini anda akan diajak untuk melakukan tur berbagai genre dan area kota, mulai dari merekam arsitektur sampai menangkap pemandangan dari udara dan panorama mengagumkan.


1. Memotret Arsitektur

Kota besar biasanya banyak bangunan-bangunan arsitektur yang brilian, mulai struktur bangunan modern sampai dengan bangunan klasik. Pada saat memotret gedung, penting untuk mengeksplorasi semua sudut pandang untuk mendapatkan view-view yang unik dan menarik. 

 Dekatkan dan arahkan kamera anda ke atas bisa jadi cara yang efektif jika ingin mendapatkan tampilan yang abstrak, atau bisa juga memilih mundur dari gedung dan membidiknya dari posisi berdiri.Yang perlu anda pertimbangkan adalah cahaya dan efek yang dihasilkan pada foto. Shadows kuat bisa menjadi gangguan, atau juga malah bisa dimamfaatkan jika ingin menciptakan foto abstrak.


2. Bermain dengan perspektif

Meski menggunakan lensa wide angle, seringkali kita masih tidak memperoleh cukup ruang untuk bisa mundur ketika merekam foto, karena jalanan yang ramai dan bangunan yang menghalangi. Artinya, masukkan seluruh gedung ke dalam frame bisa jadi hal sulit. Kalau anda tepat berada di bawah gedung dan mengarahkan kamera ke atas, akibatnya gedung akan terlihat lebih besar di bagian bawah daripada bagian atas, dan seolah terlihat condong ke belakang.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan lensa tilt-shift, tapi harganya mahal. Lensa tilt-shift memberi kesempatan kepada pengguna untuk menggeser bodi lensa seara dengan sensor. Kalau lensa ini di luar anggaran anda, gunakan software editing foto untuk mengatasi masalah ini.


3. Merekam dari atas

Kota tempat yang tepat untuk memotret dari titik pandang tinggi (high angle). Jalan yang terintegrasi, orang dan mobil yang melintas, ditambah dengan permukaan aspal yang dicat, menciptakan objek yang sempurna. Berkat gedung-gedung dan bangunan yang tinggi, yang banyak diantaranya terbuka untuk umum, anda bisa menemukan titik pandang tinggi untuk memperoleh foto bagus. 

Carilah bentuk dan tanda khas yang akan tampat menarik dari atas. Misalnya, zebra cross yang jadi titik fokus mencolok. Ketika hujan, payung-payung juga bisa menjadi objek menarik dari posisi di atas kepala. Hasil kreatifnya bisa sangat memuaskan, tapi ada beberapa tip keamanan dan teknis yang sebaiknya diperhatikan.


4. Memotret ke bawah tanah

Ada banyak kota yang memiliki dunia lain di bawahnya. Pergilah ke bawah tanah di kota-kota besar dengan mengeksplorasi sistem transportasinya. Pemotretan di bawah tanah bisa jadi cukup sulit. Karena alasan keamanan, anda tidak bisa menggunakan flash atau membawa tripod, sehingga pengaturan ISO harus dinaikkan.

Lensa fish eye merupakan lensa ultra wide angle yang mendistorsi perspektif, menciptakan hasil yang dinamis dan seru. Kalau anda menggunakan lensa ini untuk pemotretan di bawah tanah, anda bisa menegaskan bentuk lingkaran terowongan. Tampilan hitam dan putih juga dapat memperkuat garis.


5. Candid Photo

Keramaian kota juga dapat menyajikan kesempatan sempurna untuk memotret candid orang yang berlalu lalang. Banyak fotografer street mengadopsi cara tak terlihat atau candid, sehingga objek tidak menyadari kalau mereka difoto. Tetapi, anda harus memperlakukan orang dengan hormat jika menggunakan cara ini.

Henri Cartier-Bresson adalah lengendanya street photography. Pengaruhnya banyak membuat fotografer street terpikat pada hitam putih. Tidak melulu harus hitam putih, warna juga bisa menjadi alat yang kuat. Dengan mata yang cermat, anda bisa menangkap hasil yang mengagumkan.


6. Merekam street portrait

Walaupun foto candid street sangat menyenangkan direkam di kota, anda juga bisa memperoleh hasil yang efektif dengan membuat foto portrait di lingkungan urban. Tipe lokasi terbaik biasanya di bagian kota yang terabaikan atau terlantar, misalnya di depan tembok bata, grafiti dan area pembuangan sampah, bisa terlihat sangat bagus pada background. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih nge-grunge dan background lebih gelap, cobalah menggunakan flashgun eksternal untuk memberi pencahayaan.

7. Mengabadikan panorama

Panorama cara jitu untuk menangkap pemandangan kota yang menyeluruh. Dulu, merekam panorama tidak mungkin bisa dilakukan tanpa tripod head khusus panorama. Pendeknya, head mengubah posisi kamera secara bertahap sehingga foto yang diperoleh akan tersambung dengan pas. Berkat kecanggihan software editing foto, masalah tersebut kini tidak perlu dialami lagi. Artinya, anda hanya perlu kamera dan tripod, ditambah pemandangan spektakuler untuk dipotret. Photoshop photomerge salah satu tool paling mudah untuk menggabungkan beberapa foto.

Pasang kamera anda pada tripod dan posisikan pada orientasi portrait. Pilih lensa yang tidak memiliki jarak fokus terlalu lebar. Misalnya, jika dengan lensa 10-20mm, semua akan tampak kecil di kejauhan, jadi pilihlah lensa dengan jarak fokus sekitar 50mm.

8. Memotret close-up kreatif

Anda juga bisa membuat close-up kreatif ketika memotret jalanan. Rekamlah rambu dan tanda tertentu di jalan. Di photoshop, buatlah dokumen persegi dan gabungkan foto-foto tersebut menjadi satu frame untuk mendapatkan foto yang menarik.


9. Merekam kota saat malam (night photography)

Kota tidak pernah tidur. Senja waktu yang magis karena inilah saat ketika matahari tenggelam di balik cakrawala tapi pancaran sinarnya masih menyebar ke atmosfer di atasnya. Langit yang berwarna biru, dipadukan dengan lampu-lampu yang tersebar di kota, anda akan mendapatkan foto yang memukau.

Durasi senja akan bervariasi di setiap lokasi dan musim, tapi umumnya sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Ketika merekam dalam kondisi cahaya rendah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Tripod wajib dibawa, karena guncangan kamera perlu dihindari, dan remote shutter release juga bisa membantu. Kalau tidak punya, sebaiknya gunakan pengaturan self timer pada kamera. Pikirkan juga tentang keselamatan diri. Jangan berdiri di dekat jalan yang ramai tanpa mengenakan pakaian yang mencolok dan pastikan tripod anda tidak menghalangi jalan kendaraan atau pejalan kaki.

10. Merekam time lapse

Dengan merekam serangkaian foto dan mengolahnya sekaligus, anda bisa menciptakan film mini sendiri. Pertahankan kamera pada satu titik, tripod mutlak diperlukan. Karena cahaya berubah secara drastis, rekamlah dalam modus aperture priority agar kamera mengkompensasi perubahannya. Pengolahan akan jauh lebih mudah jika foto direkam dalam Jpeg.

Jika anda akan memproses foto pada 25 fps dan ingin mendapatkan klip sepanjang 10 detik, artinya total anda perlu merekam 250 foto. Kalau anda merekam foto tersebut dalam durasi empat jam, sehingga anda akan merekam satu foto per menit untuk mendapatkan klip sekitar 10 detik. Banyak remote control yang bisa membantu pengaturan waktu dengan mudah. Anda bisa mengolah semua foto sekaligus dengan Picasa.



Demikianlah ide memotret kota yang mungkin dapat diterapkan oleh sobat-sobat semuanya.
Tidak mutlak dan tidak baku harus seperti penuturan di atas ya sob, sobat juga boleh menerapkan gaya sendiri atau memasukkan ide sendiri yang berlainan.
Sekali lagi, fotografi adalah seni, bukan eksakta atau ilmu pasti!

Salam jepret ya sobat, semoga artikel ini dapat berguna!



#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

6 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus
  3. Karya yang menarik, punya perspektif berbeda!

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat menarik dan juga inspiratif! Layak untuk dibaca, dan juga mampu menambah wawasan serta referensi kita terhadap fotografi dan juga yang lain!

    BalasHapus
  5. Artikel yang menarik, menambah wawasan serta memberika bahan referensi baru
    #artikel bagus
    #fotografi
    #bagus

    BalasHapus