Senin, 17 Juni 2024

5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Renungan Bagian Keempat)


Bekerja, Bersama
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 17 Juni 2024

Pada renungan bagian keempat ini, saya akan mencoba berbagi tentang langkah keempat yang bisa dipakai untuk menghasilkan foto siluet yang top markonyos. Supaya Sobat bisa dapat mengerti mengenai apa yang saya tulis dan tanpa perlu kepala ada sakit, silahkan Sobat membaca bagian ketiga atawe tulisan sebelumnya yang punya judul: “5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Goresan Bagian Ketiga)”. Dan renungan ini adalah sambungan dari tulisan ketiga tadi, silahkan disimak:

4. ATURLAH CALON KORBAN JEPRETAN SOBAT 

Karena fotografi siluet berfokus pada bentuk dan kontras yang tegas, jadi sangat penting untuk mempertimbangkan komposisi gambar siluet Sobat dengan ciamik.

Komposisi adalah tentang penempatan subjek Sobat di dalam frame. Walaupun memang terkadang cukup “pantas” untuk menempatkan subjek di Tengah-tengah frame, untuk foto siluet yang menarik, yang terbaik adalah menempatkan subjek di luar pusat, dengan berpatokan lepada aturan sepertiga untuk menciptakan gambar yang lebih dinamis dan menarik secara visual.

Ini berarti menempatkan subjek di sepanjang salah satu garis berpotongan yang dibuat dengan membagi bingkai menjadi tiga bagian, bukan di tengah frame. Hal ini membantu menciptakan komposisi yang lebih seimbang secara visual dan menarik perhatian pemirsa ke subjeknya.

Senja dan Bambu
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

Alat komposisi yang tak kalah ciamik lainnya adalah mengoptimalkan ruang negatif. Ruang negatif mengacu pada area di sekitar subjek yang dibiarkan kosong, baik di latar depan maupun latar belakang. Ruang negatif dapat digunakan untuk menciptakan esensi keseimbangan, menekankan bentuk dan bentuk subjek, serta menambah daya tarik visual pada jepretan Sobat. 

Penting juga untuk memperhatikan garis dan bentuk pada foto Sobat. Siluet sering kali mengandalkan garis dan bentuk yang kuat untuk menciptakan dampak, jadi penting untuk mencari peluang untuk menggunakan elemen ini supaya foto yang Sobat hasilkan lebih indah. 

Ingatlah bahwa kesederhanaan adalah elemen dasar dalam fotografi siluet yang sempurna, jadi hindari komposisi dan latar belakang yang berantakan atau ramai yang dapat mengurangi nyawa dari foto siluet yang Sobat hasilkan. Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan latar belakang yang berantakan adalah dengan memotret dari sudut yang sangat rendah. 

Memandang Sang Surya
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

Dan sementara kita membahas sudut pandang, gunakan sudut pandang untuk membersihkan bentuk yang diciptakan oleh, katakanlah, sekelompok orang. Seringkali cara terbaik untuk mengisolasi subjek satu sama lain adalah dengan menggerakkan tubuh dan menyesuaikan angle pengambilan foto. Bereksperimenlah dengan berbagai sudut dan posisi untuk menemukan komposisi yang sempurna antara subjek dan latar belakang foto Sobat.

Demikianlah para Sobat yang terkasih, tulisan yang menjabarkan tentang 5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Renungan Bagian Keempat). Dan renungan saya di atas akan saya sambung lagi ke bagian kelima dengan judul: “5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Lamunan Bagian Kelima)”, semoga Sobat jepret bisa dapat banyak bahagia saat membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "orang yang benar-benar tidak bijak"; “Jangan pernah menunda sampai besok apa yang dapat kamu lakukan lusa."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Catatan: Fotografi siluet terkadang akan lebih kuat dan lebih ber“nyawa” pada saat subyek yang ada dalam frame semakin sedikit atau semakin kecil, sehingga semakin mempertegas pesan yang dibawa oleh foto siluet tersebut)

Tag:
#Fotografi, #Tips Fotografi, #Siluet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar