Kamis, 30 November 2017

STREET PHOTOGRAPHY - "MAS....SAMPEYAN FOTOGRAFER?"......"BUKAN!...SAYA CUMA HOBBY MOTO"


Kemayoran, Rabu, 4 Oktober 2017

Minggu siang, di bawah jembatan layang, Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, ketika saya sedang larut dalam keasyikan melihat suasana sambil berusaha mencari moment yang bagus untuk di "jepret", tiba-tiba, ada seseorang yang bertanya kepada saya: "eh...mas....sampeyan fotografer ya?".....Waduh...Seumur hidup, baru sekali ini saya kaget ga kira-kira. Bukan dari isi pertanyaannya yang bikin kaget, tapi dari caranya bertanya yang "horor".....Pake pasang tampang serem, plus dengan penampilan ala preman tahun 70'an akhir. Sontak saya jawab......"Bukan bang, saya cuma hobby moto doang!" sambil berdoa dalam hati...Ya ALLAH....moga-moga dia ga minta kamera saya!"

Mungkin karena penampilan yang bikin orang berasumsi kalau saya adalah fotografer, dengan jaket buntung yang banyak kantongnya, ditambah dengan topi pet, diperparah dengan kamera DSLR yang emang wujudnya "bongsor" di tangan....jadi orang banyak bersalah sangka, dan menganggap saya adalah "fotografer" dalam arti yang sebenarnya!

Dan si abang yang bertampang preman ini juga pasti telah salah sangka, pasti dikiranya saya adalah fotografer "kawakan" atau jurnalis yang sedang mencari berita. Atau, minimal, tukang foto keliling yang lagi cari mangsa!

 Duh.....Jujur, dari dasar hati yang paling dalam, saya belumlah sampai pada tahap itu! Saya hanya menyukai aktifitas ini,  menyukai menangkap setiap moment yang saya anggap menarik ke dalam frame. Saya tidak begitu mengerti mengenai segala hal yang berkaitan dengan teknik-teknik fotografi, komposisi, aturan segitiga, pencahayaan, dan sejuta istilah rumit dalam fotografi lainnya. 

Saya sedang mempelajari itu, mempelajari dengan irama pelan (sesuai dengan kemampuan otak saya tentunya!), mempelajari dari sisi "menikmati" dan bukan dari sisi "harus menguasai".


Dan disinilah saya, tersenyum manis pada "mas preman" yang tadi menegur saya, dan mengatakan yang sebenarnya....."SAYA BUKAN FOTOGRAFER....SAYA CUMA HOBBY MOTO-MOTO AJA MAS!"

Dan si "mas preman" itu sepertinya percaya dengan jawaban saya (entah percaya atau tak peduli...sulit diterka dengan jelas, karena ekspresi yang super datar dari si "mas preman" itu!).....Senyum sedikit....lalu balik kanan dan pergi!

Entah kenapa.....ada kelegaan yang aneh yang saya rasakan. 
Kelegaan karena saya tak harus berbohong, kelegaan karena saya merasa mampu jujur.....padahal, di saat itu,...Tidak ada orang yang peduli walaupun saya berbohong!

Dan inilah saya yang sebenarnya...dan mulai saat itu, setiap kali orang bertanya kepada saya....saya akan selalu menjawab dengan jawaban yang sama:

"SAYA BUKAN FOTOGRAFER.....SAYA CUMA HOBBY MOTO-MOTO!"


9 komentar:

  1. Postingan yang sangat bagus dan sangat menarik! Dapat menjadi referensi yang bisa dijadikan alternatif sumber wacana!

    BalasHapus
  2. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  3. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus
  4. Luar biasa, sungguh luar biasa! bentuk kreasi yang boleh dikatakan hasil cipta dari mahakarya!

    BalasHapus
  5. Karya yang menarik! Menambah wawasan serta memberikan sudut pandang yang berbeda!

    BalasHapus
  6. Karya yang cukup menarik, menyajikan hasil foto dalam bentuk dan perspektif yang berbada!

    BalasHapus
  7. Artikel yang sangat menarik dan juga inspiratif! Layak untuk dibaca, dan juga mampu menambah wawasan serta referensi kita terhadap fotografi dan juga yang lain!

    BalasHapus
  8. Artikel yang menarik, menambah wawasan serta memberika bahan referensi baru
    #artikel bagus
    #fotografi
    #bagus

    BalasHapus