Selasa, 13 Oktober 2020

5 Aliran Fotografi yang bisa Sobat lakukan di rumah (Semoga Pendemi ini cepat berlalu !)


Foto Bunga

Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 13 Oktober 2020

(Sekarang masih PSBB.....Sekarang masih pendemi.....dan sekarang masih tak bisa keluar rumah dengan bebas!.... tulisan ini dibuat pada saat pendemi Covid-19 masih saja belum mau pergi!)

Untuk beberapa orang, jeprat jepret pakai kamera, alias fotografi adalah kegiatan yang bisa bikin senang dan bahagia kita orang punya hati (walau ga semua orang ya Sob!). Biasanya, target yang dijadikan sasaran untuk jeprat-jepret ini berupa pemandangan alam (yang mana obyek ini favorit dari banyak orang ketika mengambil foto). Tapi sayangnya, untuk saat-saat ini, keinginan untuk memotret alam model itu, harus kita pendam jauh-jauh. Bukan apa-apa Sob, sekarang ini kita (dan sebagian besar umat manusia di kolong langit ini) sedang dirundung pendemi. Covid-19 bisa jadi mengintai Sobat kalau sobat tetap nekat keluar rumah. 

Nah, terus gimana dong kalau hasrat untuk memotret tetap bergelora? 

Tenang Sob! Ada banyak aliran fotografi yang tetap bisa sobat jalani, walaupun hanya di dalam rumah. Dan ini adalah lima contoh aliran fotografi, yang bisa Sobat terapkan:

Still life fotografi - Bola Lampu

1. Foto still life

Foto Still Life adalah salah satu aliran fotografi yang memotret benda-benda mati (benda mati ya Sob, bukan kucing mati, apalagi orang mati !!!) dan menampilkan detailnya sehingga terlihat menarik. untuk menyiasati penggunaan lampu agar dapat lebih menampilkan detail benda, Sobat dapat menggunakan lampu belajar biasa saja. Sobat hanya membutuhkan; meja, lampu belajar dan kamera saja untuk menghasilkan foto still life ini. Atau, Sobat juga bisa memotret obyek-obyek lain yang menarik yang dekat-dekat rumah, semisal bola lampu, patung, atau nisan kuburan, dan sebagainya.

Food Photography

2. Foto makanan

Foto makanan adalah hal yang cukup sering dilakukan oleh semua orang. Dengan menimbang kenyataan tersebut, sebenarnya semua orang sudah memiliki bakat dan pengalaman dalam makan....eh....maksudnya memotret makanan. Aliran foto ini biasanya digunakan untuk foto komersil dalam mempromosikan suatu hidangan. Foto ini dapat Sobat lakukan di rumah karena peralatan yang digunakan dapat disiasati dan disamakan kebutuhannya seperti pada fotografi still life.

Fotografi Makro

3. Foto makro

Fotografi Makro adalah salah satu aliran yang memotret sesuatu dalam bentuk close up. Dalam aliran ini Sobat memotret sebuah objek sedekat mungkin dan menampilkan detail-detail kecil keindahannya. Untuk fotografi ini memang membutuhkan lensa dan teknik tersendiri. Tetapi Sobat dapat mengakalinya dengan menggunakan filter makro atau menggunakan lensa secara terbalik. Objek dari foto makro ini dapat beberapa benda di sekitar Anda dan biasanya merupakan tumbuhan dan bunga sehingga Sobat tidak perlu pergi jauh-jauh dari rumah.

Fotografi Abstrak

4. Foto abstrak

Aliran abstrak dalam fotografi mengutamakan komposisi warna dan bentuk pada sebuah foto. Komposisi ini dapat memanfaatkan beberapa hal yang terdapat di rumah seperti susunan gelas dan piring atau bercak-bercak yang berada di tembok sekeliling rumah, atau bentuk-bentuk daun yang tak beraturan tapi berpola. Tidak dibutuhkan peralatan khusus yang digunakan untuk aliran foto ini.

Fotografi - Selfie

5. Foto Selfie

Nah, kalau yang ini, saya tidak mau menerangkan lebih jauh ya sob. Boleh percaya atau tidak, menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh ahlinya ahli, atau core to the core nya fotografi, Sebagian besar foto selfie ternyata TKP nya adalah di rumah. Nah, jadi klop klan? Selama sobat mendekam di rumah selama PSBB ini, tak ada salahnya kalau Sobat sekalian juga mengasah keterampilan ber foto ria, sambil memperkaya perbendaharaan alias inventaris dari Instagram dan FB Sobat. 

Nah sobat, itulah lima aliran fotografi yang dapat Sobat terapkan di rumah. Mungkin ini hal ini dapat sedikit menghibur kepenatan Sobat karena terus menerus terkurung dalam rumah…..dan entah sampai kapan!

(Semoga pendemi ini cepat berlalu ya Sob…..Aaaaamiiinnn!!!).

Salam Jepret selalu! 

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

(Supaya penjabarannya lebih seimbang, baca juga artikel saya tentang aliran-aliran fotografi, disini)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 


1 komentar:

  1. terimakasih untuk artikelnya sangat bermanfaat
    https://bit.ly/3gGnyoZ

    BalasHapus