Rabu, 12 Mei 2021

Tips Komposisi Foto, Supaya Lebih Enak Dilihat (Alias Enak di Mata!) - Tulisan Bagian Pertama


Bunga Ubi - Komposisi Rule of Third
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Rabu, 12 Mei 2021

Hari ini adalah hari terakhir di bulan Ramadhan, esok adalah hari Idul Fitri, alias Lebaran. Dan sebelum saya menulis artikel tentang fotografi ini, ijinkan saya untuk mengucapkan, "Maaf mungkin tak mengubah masa lalu, tapi mampu mengubah masa depan. Taqobbalallaahu minnaa wa minkum shiyaamana washiyaamakum kullu aamiin wa antum fii khoir. Mohon untuk dibukakan pintu maaf atas segala khilaf. Semoga kita bisa kembali berjumpa dengan Ramadhan di tahun-tahun mendatang. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H."

Nah, sekarang kita balik lagi ke artikel tentang fotografi ya Sob! 

Kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tips dalam fotografi, supaya foto hasil jepretan kita, layak untuk dilihat. Sebuah foto umumnya terdiri dari objek utama dan juga elemen pelengkap yang tampil dalam bidang gambar. Penempatan yang ideal serta proporsional akan mempermudah dan memperkuat penyampaian pesan dari foto tersebut. 

Di sisi lain, tata letak yang tidak tepat akan menimbulkan keruwetan, menjadikan foto membosankan, membingungkan, janggal dan tidak menarik, bahkan mungkin juga memunculkan interpretasi yang tidak tepat. Dalam teknik komposisi fotografi dikenal ada beberapa acuan pengaturan tata letak objek dan elemen foto.

Berikut adalah tips komposisi bagaimana mengatur tata letak agar foto tidak membosankan:

1. Rule of thirds

Penempatan objek di tengah gambar seringkali menimbulkan ketegangan antar elemen foto, kesan yang muncul adalah saling tarik menarik dan berebut perhatian. Salah satu cara untuk mengatasi kesan yang kurang harmonis ini adalah dengan menerapkan rule of thirds.

Pemancing - Komposisi Rule Of Third
trisoenoe.com

Rule of thirds adalah kaidah umum yang sederhana namun efektif dalam komposisi visual, dengan memetakan gambar menjadi bagian per tigaan. Kaidah ini diterapkan dalam banyak hal, mulai dari lukisan, fotografi, desain, bahkan video. Secara psikologis, pembagian bidang visual dalam tiga bagian akan menjadikan sebagian area terlihat dominan, sebagian lagi sebagai pelengkap serta mencegah “efek” tarik menarik dan ketegangan antar elemen dalam foto.

2. Golden ratio

Rule of thirds yang dibahas sebelumnya sebenarnya merupakan penyederhaan dari golden ratio. Salah satu penerapan golden ratio adalah dengan menggunakan golden spiral atau disebut juga dengan golden rectangle. 

Teratai - Golden Ratio
trisoenoe.com

Pada contoh di atas ditampilkan objek dengan pengaturan komposisi mengikuti golden spiral dengan orientasi lanscape. Alur pusaran kelopak bunga teratai dimanfaatkan untuk memandu arah aliran perhatian pemirsa mengikuti keseluruhan gambar. (Selengkapnya akan dibahas pada artikel selanjutnya).

3. Golden triangle

Objek dengan arah tegak atau mendatar sering memberikan kesan kaku atau formal. Untuk kesan yang lebih dinamis, anda bisa menerapkan arah diagonal mengacu pada golden triangle. Tapi mohon diingat bahwa tidak semua skenario sesuai untuk pola ini, misalkan foto portrait close-up.

Foto Kumbang - Komposisi Golden Triangle
trisoenoe.com

Pada contoh di atas, batang bunga diletakkan mendekati arah diagonal bidang foto, dengan bagian bunga berada di sekitar titik perpotongan segitiga. Foto ini memberi kesan seperti tertiup angin, lebih dinamis jika dibandingkan bunga pada posisi tegak.

Demikianlah artikel Tips Komposisi Foto, Supaya Lebih Enak Dilihat (Alias Enak di Mata!) - Tulisan Bagian Pertama. Baca juga kelanjutan dari artikel ini di: Tips Komposisi Foto, Supaya Lebih Enak Dilihat (Alias Enak di Mata!) - Tulisan Bagian Kedua.

Salam Jepret Selalu

Artikel ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar