Jumat, 16 Maret 2018

Fotografi Hitam Putih - Menyusun Perspektif Kecantikan dalam Bingkai Monochrome



Kemayoran, Jakarta, Jum'at 16 Maret 2018

Apa kabar sobat jepret semuanya? Semoga hari ini kabarnya baik-baik saja ya....Termasuk moodnya! Jangan sampai acak-adutnya nilai tukar rupiah ikutan bikin acak adut mood kita semua.

Nah, masih berkutat dalam postingan yang berbau fotografi nih. Postingan kali ini akan membahas tentang tips dan trik memotret wajah (baca artikel TIPS FOTOGRAFI-MEMOTRET WAJAH).
Yups....Memotret wajah adalah salah satu bagian dari fotografi yang cukup banyak peminatnya. Ada sebagian yang mengkhususkan pada ekspresi, ada juga yang lebih fokus pada keseluruhan wajah. Ada juga sebagian fotografer yang lebih memilih untuk meng "romantis" kan foto wajah ini kedalam perspektif yang lebih ke arah "mempercantik", dan ada juga fotografer yang lebih memilih untuk menampilkan secara "realis" alias apa adanya!


Terlepas dari itu semua, bagi saya pribadi, memotret wajah memang salah satu kegiatan memotret yang menyenangkan. Karena wjah memiliki banyak sekali ekspresi, memiliki banyak sekali cerita. Ada banyak cerita yang bisa disampaikan oleh wajah dibandingkan dengan obyek lain! 

Nah, berikut ini adalah tips dari para pakar yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat kita hendak memotret wajah, cekidot sob:


Tips 1: Ciptakan DoF Sempit

Untuk memudahkan pemotretan, anda bisa memilih scene mode Portrait. Namun, membuat foto portrait akan lebih baik jika si objek terisolasi dari lingkungan sekitar. Untuk itu, gunakan saja Aperture Priority Mode, lalu atur diafragma ke bukaan paling besar untuk menciptakan ruang ketajaman yang sempit. Dengan begitu, latar menjadi buram dan wajah yang anda potret menjadi lebih menonjol.


Tips 2: Hindari Kontak Matahari

Agar foto wajah di siang hari tidak mengandung bayangan gelap. teknik standarnya adalah dengan menghadapkan muka model ke arah datangnya cahaya. Namun, sinar matahari cenderung membuat silau model sehingga matanya menyempit. Solusinya, pergilah ke tempat yang agak teduh dan arahkan pandangan model ke tempat terang, warna foto akan tampil lebih bagus dibandingkan sebelumnya.


Tips 3: Jauhkan Background Ruwet

Ketika memotret wajah, perhatikan latar belakangnya. Hindari latar belakang yang berwarna-warni atau gambar yang semrawut, yang menyebabkan foto wajah kurang menonjol (bisa jadi justru latar belakang yang menjadi menonjol). Jadi, berusahalah untuk menghindarinya.

Tips 4: Aktifkan Penghilang Mata Merah (Red-Eye Reduction)

Untuk kamera yang dilengkapi flash dengan fasilitas anti red-eye, coba aktifkan fitur tersebut. Hal ini berguna untuk menghindari munculnya mata merah akibat pancaran flash yang terlalu kuat dan terbiasa di kornea mata.

Tips 5: Gunakan ISO Rendah

Setel ISO kamera ke nilai rendah, seperti ISO 100 atau 200. Hal ini berguna untuk membuat tampilan wajah terlihat halus dan bersih dari noise. Jika foto menjadi kurang tajam, anda bisa meningkatkan ISO-nya sedikit lagi atau gunakan flash agar wajah semakin kentara.

Tips 6: Bouncing Flash

Gunakan flash eksternal untuk memperindah wajah. Jika menggunakan flash internal, hindari pijaran langsung ke arah wajah karena akan membuat wajah overoxposed dan bayang hitam legam muncul dibelakangnya. Redamlah flash, misalnya dengan menutupinya dengan kertas putih.
Jika menggunakan flash eksternal, gunakan teknik bouncing, dan arahkan flash ke langit-langit. Anda akan mendapatkan foto wajah dengan efek cahaya yang lembut. Gradiasi bayangan pun akan terlihat lebih halus. Jika langit-lagit cukup tinggi, tembakkan cahaya lampu ke arah kanan objek bidikan.

Tips 7: Munculkan Ekspresi

Agar tidak monoton, objek foto anda harus mengeluarkan ekspresi. Ajak dia untuk tertawa, berbicara, atau apapun agar bersifat dinamis. Foto pertrait pun tidak harus menghadap kamera.
Beri dia pandangan lain untuk melihat, lalu anda bisa memotretnya dari sudut pandang lain. Kadang-kadang, dengan cara ini anda akan mendapatkan efek dramatis dari foto wajah.

Demikianlah postingan saya kali ini. Semoga dapat menjadi tambahan wacana untuk para pembaca.










3 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik dan juga inspiratif!

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik dan juga inspiratif! Layak untuk dibaca, dan juga mampu menambah wawasan serta referensi kita terhadap fotografi dan juga yang lain!

    BalasHapus
  3. Karya yang menarik dan menambah wawasan. Juga bisa menambah pengetahuan kita.

    BalasHapus