Rabu, 18 Agustus 2021

Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Ketiga


Foto Bunga dalam Makro
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Kamis, 18 Agustus 2021

Apa kabar Sobat? Seperti yang sudah saya janjikan kemarin dulu, saya akan sambung artikelnya, dan artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel kedua (Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Kedua), dan inilah artikelnya:

6. Angka diafragma mana yang terbaik?

Adakah angka diafragma yang terbaik untuk memotret makro? Ya, ada, f/22. Karena ruang tajam lensa makro begitu dangkal (artinya, bagian depan bunga yang Sobat potret bisa benar-benar fokus sedangkan mahkota bunga yang berjarak hanya 2,5cm di belakangnya bisa benar-benar tidak fokus), maka Sobat harus mendapatkan ruang tajam sedalam mungkin, dan itu baru bisa terjadi jika setelan aperture kamera Sobat di set pada angka seperti f/22. Sobat bisa berhasil dengan f/16 atau bahkan f/11, tapi untuk mendapatkan hasil fokus maksimal pada objek Sobat cobalah f/22.

Foto Bunga dalam Makro
trisoenoe.com

7. Carilah latar yang sederhana

Aturan yang sama tentang background yang kita ikuti pada fotografi portrait berlaku pula untuk fotografi makro, yaitu menjaga agar latar belakang tetap sederhana. Bahkan aturan ini mungkin lebih penting pada fotografi makro daripada fotografi portrait, karena Sobat membidik dengan begitu dekat sehingga background akan memiliki pengaruh yang lebih besar. Jadi, pastikanlah latar belakang obyek yang Sobat pakai sesederhana mungkin.

8. Sebaiknya memotret di dalam ruangan

Banyak fotografi makro tentang alam sebenarnya dilakukan di dalam ruangan, bukan di luar ruangan. Salah satu keuntungan utama dari memotret makro di dalam ruangan adalah tidak ada angin. Hal ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar pada awalnya, tapi saat Sobat menyiapkan kamera dengan lensa makro di luar ruangan dan mengintip melalui lensa, Sobat akan melihat langsung hembusan angin terlembut sekalipun yang menggerakkan bunga, daun, ranting, dan lain-lain di seluruh frame, yang berarti foto Sobat akan menjadi buram dan tidak fokus. Keuntungan lain dari memotret di dalam ruangan adalah anda bisa mengontrol cahaya (terutama jika menggunakan strobe studio), dan kunci untuk pencahayaan foto makro adalah memiliki pencahayaan yang manis dan merata pada seluruh bagian gambar.  

Foto Bunga dalam Makro
trisoenoe.com

9. Membuat tetesan air sendiri

Janganlah menunggu sampai hujan untuk mendapatkan efek embun pada bunga atau daun, bawalah sebotol air dalam pemotretan Sobat dan percikanlah pada bunga atau daun, sehingga tercipta tampilan segar dari tetesan air hujan, yang akan tampak bagus dalam fotografi makro ini. Selain itu, jika Sobat membidik cukup dekat, Sobat bisa melihat bayangan dalam tetesan air itu sendiri. Gimana? Ciamik maksimal kan?

Nah, Sobat semuanya, bagaimana? Silahkan dicoba ya Sob, berbagai tips fotografi makro yang sudah saya upload dalam tiga artikel terpisah ini. Semoga bermanfaat!

Tetap sehat, tetap semangat ya Sob!

Salam jepret selalu!

Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar