Jumat, 13 Agustus 2021

Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Kedua


Foto Makro, Obyek Bunga!
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Jum'at, 13 Agustus 2021

Salam jumpa lagi Sobat (dan masih dalam suasana pendemi......Duh Gusti!!). Seperti yang sudah saya janjikan kemarin dulu, saya akan sambung artikelnya, danar tikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel pertama (Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Pertama), dan inilah artikelnya:

2. Maksimalkan ruang tajam (DoF)

Lensa makro memiliki sebuah “titik terbaik” dimana Sobat jepret bisa benar-benar mendapatkan hasil yang paling tajam. Dan dalam fotografi makro, memiliki gambar yang tajam sangatlah penting. Salah satu trik untuk mendapatkan ketajaman tinggi dari lensa makro adalah memotret dengan lensa yang terbidik lurus sempurna ke depan, ke arah objek (dengan kata lain, jangan memiringkan lensa Sobat ke atas atau ke bawah, cobalah memotret dengan benar-benar lurus untuk mendapatkan ketajaman dan kejernihan terbaik). 

3. Sobat harus "melupakan" fitur autofokus

Sobat telah mengetahui, bahwa salah satu tantangan besar dari fotografi makro adalah membuat subjeknya tajam dan fokus. Nah, Sobat akan menghadapi salah satu hal yang paling membuat frustasi saat membidik subjek yang super dekat dalam memotret makro, yaitu menggunakan autofokus. Satu tips yang dapat menurunkan kadar frustasi Sobat adalah; dengan tidak mengaktifkan autofokus lensa kamera Sobat dan gunakan fokus manual saja. 

Kenapa Sobat harus menonaktifkan autofokus? Kan sekarang ini fitur auto fokus sudah benar-benar akurat? 

Iya sih, memang fitur autofokus memang sudah lebih akurat ketimbang dulu. Tapi tetap saja, titik fokus maunya si kamera dengan maunya si fotografer kan beda. Misal, si fotografer maunya fokus di titik "A", tapi si autofokus malah milih untuk fokus di titik "B", alhasil, malah jadi berantem antara fotografer dengan kamera.

Mungkin, cara yang terbaik adalah bicara dari hati ke hati, antara fotografer dengan kameranya. Yah, namanya juga suatu hubungan, tak akan bisa langgeng kalau tidak ada komunikasi....bener ga Sob?

Foto Makro, Obyek Bunga!
trisoenoe.com

4. Jangan sentuh tombol shutter

Jika Sobat sudah babak belur memposisikan kamera Sobat di atas tripod, Sobat masih ada kemungkinan memperoleh foto yang kurang tajam akibat getaran yang terjadi saat menekan tombol shutter. Itulah sebabnya, ketika memotret makro, Sobat harus menggunakan shutter release cable (itu adalah kabel yang dicolokkan ke kamera, yang memungkinkan Sobat memotret foto tanpa harus menyentuh tombol shutter pada kamera) atau menggunakan self timer kamera yang akan men"jepret" secara otomatis sekitar 10 detik setelah Sobat menekan tombol shutter, sehinggga getaran apapun yang disebabkan oleh tekanan jari pada tombol shutter dijamin bisa dihilangkan jauh-jauh. 

Sudah dulu ya Sob, besok-besok lagi kita sambung lagi artikelnya (maaf banget nih, soalnya saya mau nyuci baju dulu, sama mau masak nasi!). Besok kita sambung ke tulisan ketiga, dengan judul: "Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Ketiga"

Tetap sehat, tetap semangat ya Sob!

Salam jepret selalu!

Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar