Senin, 08 Mei 2023

Close Up dalam Beauty Photography ! – Definisi Keindahan Absolut nan Dekat (Cerita bagian Ketiga)



Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023

Selamat hari Senin Sobat jepret dimana saja kalian berada. Mohon ijin untuk menyambung ocehan saya sebelumnya, yang bercerita tentang Close Up dalam Beauty Photography. Dan supaya Sobat dapat paham tanpa dapat banyak pusing, saya persilahkan Sobat untuk mampir dan membaca celoteh saya pada artikel sebelumnya yang berjudul: "Close Up dalam Beauty Photography ! – Definisi Keindahan Absolut nan Dekat (Ocehan bagian Kedua)". Tulisan ini adalah cerita bagian ketiga, silahkan disimak:

Back Alias Tubuh Bagian Belakang

Badan dan kepala benar-benar membelakangi kamera. Di sini yang diekspose adalah postur tubuh bagian belakang.


Posisi Bahu


Bahu sejajar

Kedua bahu sejajar atau sama tingginya. Tapi harus di”pose”kan sedemikian rupa sehingga tidak terlihat kaku, bahu harus tampak sejajar dengan santai jangan terlihat tegang.

Bahu terangkat

Untuk menambahkan variasi, Sobat bisa mengatur posenya si momod untuk mengangkat salah satu atau kedua bahu, supaya terlihat lebih “hidup” dan tidak terlihat seperti pose saat pas foto di KTP.

Bahu maju ke depan 

Condongkan bahu untuk mendapatkan bentuk tubuh atau postur yang berbeda.


4.Posisi Tangan

Pada foto close up, walau yang menjadi fokus adalah wajah si model, Sobat bisa juga menggunakan tangan untuk membantu menambah aksen dan variasi pada pose si momod. Tangan bisa diangkat salah satu atau keduanya, tetapi jangan menutupi sebagian besar wajah, karena fokus utama adalah wajah. Tampilkan sisi-sisi tangan saja, jangan telapak tangan.

Kesalahan kesalahan pada pose close-up


Leher kelihatan seperti patah

Jangan sampai terlalu memiringkan atau menoleh sehingga leher terlihat seolah-olah patah. Selain pose seperti ini tidak terlihat estetik, dalam beberapa kasus, foto dengan pose seperti justru lebih terlihat “menyeramkan” ketimbang terlihat ciamik.

Putih mata terlalu dominan

Kalau si momod diposekan dengan gaya mata melirik, usahakan jangan melirik terlalu jauh sehingga pupil mata nyaris hilang. Apabila putih mata terlalu banyak, hal ini akan membuat foto menjadi tidak enak dilihat (bahkan jadi kelihatan horror bin serem!)

Hidung melewati pipi

Untuk model pose menengok ke kiri atau ke kanan, usahakan ujung hidung jangan sampai terlalu melewati pipi, apalagi melewati perempatan.....

Hindari dagu ganda

Ada sebagian orang yang memiliki dagu ganda saat menunduk. Untuk mengatasinya, minta model menegakkan atau menyorongkan dagu dan lehernya sedikit ke depan.

Wajah tertutup tangan

Kalau Sobat ingin supaya si momod berpose mengangkat tangan, jangan sampai tangan menutupi sebagian besar wajah. Pada foto close-up, fokus utama adalah wajah, kecuali yang menjadi fokus utamanya adalah tangan (in ikan foto wajah, bukannya foto tangan!)

Tatapan mata yang kosong 

Pada ekspresi apapun usahakan agar mata anda selalu ‘hidup’, jangan sampai tatapan mata terlihat kosong (Apalagi kalau mata terlihat seperti orang yang sedang menahan lapar…..).

Intinya, Sobat harus mengarahkan si model agar dapat menghasilkan ekspresi yang pas. Bagi fotografer atau stylist, pemahaman tentang ekspresi bisa membantu dalam mengarahkan ekspresi model-model Sobat.

Itulah Sobat, cerita tentang Close Up dalam Beauty Photography di bagian ketiga, semoga Sobat bisa terhibur dan bisa dapat banyak senang tatkala membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Fotografi adalah cara di mana kita merasa, menyentuh, dan mencintai. Apa yang telah tertangkap oleh kamera akan mengingatkan Anda tentang hal-hal kecil, setelah Anda lupa segalanya". – Aaron Siskind

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar