Rabu, 24 Januari 2024

8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Gumaman Keenam)


Sunset 
Soft Photography
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 24 Januari

Dalam gumaman yang keenam yang akan sama-sama kita gumamkan dalam artikel kali ini adalah dengan bermain-main dengan eksposur panjang. Supaya Sobat bisa mengerti tentang tulisan-tulisan ini, silahkan Sobat baca kembali coretan pada bagian kelima yang berjudul: "8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Celetukan Kelima)", dan ini adalah coretan yang menjadi sambungannya:

Jembatan
Soft Photography
trisoenoe.com

6. Cobalah Bermain Dengan Eksposur Panjang

Untuk menambahkan efek surealisme pada potret Sobat, cobalah memotret dengan kecepatan rana rendah. Dengan menggunakan eksposur panjang, Sobat dapat dengan sengaja memburamkan elemen visual dalam bidikan Sobat untuk menciptakan efek yang memukau.

Saat bermain dengan eksposur panjang, atur kamera Sobat pada tripod, dan alihkan ke Mode Prioritas Kecepatan. Sobat dapat memulai dengan 1/5 detik atau lebih lambat tergantung pada pencahayaan dan tingkat keburaman yang ingin Sobat capai.

Portrait
Soft Photography
trisoenoe.com

Setelah Sobat memilih kecepatan rana, mintalah pada obyek foto Sobat untuk menggerakkan bagian tubuh mana pun seperti kepala atau lengannya. Sobat juga bisa mencoba bermain dengan lampu untuk membuat jalan setapak yang indah. Mintalah seorang teman memegang sumber cahaya dan memindahkannya segera setelah penutupnya terbuka. Setelah Sobat selesai mengambil foto, Sobat akan melihat garis-garis panjang muncul di foto yang Sobat hasilkan.

Ingatlah bahwa jika pemandangannya terlalu terang, Sobat bisa mendapatkan gambar yang terlalu terang. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengambil foto di lokasi yang minim cahaya untuk mendapatkan hasil maksimal dari efek ini.

Demikianlah Sobat-sobat tercinta, gumaman yang mengkaji tentang 8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Gumaman Keenam). Dan semua yang sudah saya tuangkan dalam pada coretan ini masih akan saya sambung lagi ke bisikan yang ketujuh, dengan judul: “8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Bisikan Ketujuh)”, semoga Sobat boleh ada banyak senang karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "SpongeBob"; "Bersih tidak akan bersih tanpa kotor dan kita tidak akan tahu kotor tanpa adanya bersih."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(catatan: Exposure adalah jumlah cahaya yang diterima oleh sensor kamera, pada saat proses pengambilan gambar. Kalu dibahas lebih detil lagi, exposure mengacu pada kombinasi dari tiga elemen kunci dalam fotografi, yaitu aperture (bukaan lensa), shutter speed (kecepatan rana), dan ISO (sensitivitas sensor))

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar