Minggu, 21 Januari 2024

8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Celetukan Kelima)


Soft Photography
trisoenoe.com

Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 19 Januari 2024

Pada celetukan yang kelima (dalam artikel ini tentunya) yang akan kita renungkan kali ini adalah teknik memanipulasi cahaya alami (ataupun buatan) dengan menggunakan optik prisma, dimana dengan tambahan optik ini akan membatu Sobat dalam mendapatkan efek bias cahaya yang unik dalam frame. Supaya Sobat bisa sedikit paham, silahkan Sobat baca kembali tulisan pada bagian keempat yang berjudul: "8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Obrolan Keempat)", dan ini adalah tulisan yang menjadi kelanjutannya:

Sunset
Soft Photography
trisoenoe.com

5. Tambahkan Drama Psikedelik Dengan Prisma

Untuk membuat foto Sobat terlihat lebih dramatis, coba gunakan prisma. Prisma ini berguna dalam menciptakan pantulan kaleidoskopik dan membiaskan cahaya untuk menghasilkan warna pelangi. Efek yang dihasilkannya tidak dapat diprediksi, namun itulah yang membuatnya sangat menyenangkan untuk digunakan.

Yang harus Sobat lakukan adalah memegang prisma di depan lensa kamera, mulai gerakkan prisma tersebut, dan cobalah berbagai sudut serta berbagai posisi hingga Sobat melihat sesuatu yang Sobat sukai di dalam bingkai. Bias sinar yang dihasilkan oleh prisma terkadang sulit untuk dikendalikan, jadi sebaiknya Sobat mulai bersahabat dengan ketidakpastian tersebut. Nikmati dan selami saja dengannya dan biarkan ia mengejutkan Sobat dengan keajaiban visualnya.

Demikianlah Sobat-sobat tercinta, celetukan yang mengulik 8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Celetukan Kelima). Dan semua yang sudah saya tuangkan dalam artikel kali ini masih akan saya teruskan lagi ke gumaman keenam, dengan judul: “8 Trik Fotografi Sederhana Untuk "Menjebak" Potret Yang Lembut dan Indah (Soft Photography - Gumaman Keenam)”, semoga Sobat bisa sedikit dapat rasa bahagia karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "Patrick Star"; "Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan, aku lebih suka jadi idiot daripada kehilanganmu."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(catatan: Istilah "psikedelik" berasal dari bahasa Yunani Kuno psychē (ψυχή, "jiwa") dan dēloun (δηλοῦν, "menampakkan, menyingkapkan"),diterjemahkan menjadi "mewujudkan pikiran". Dengan kata lain, "psikedelik" adalah bentuk dari suatu manifestasi, dan manifestasi disini adalah perwujudan suatu hal yang bersifat abstrak (ide, pendapat, perasaan) menjadi nyata (tindakan))

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar