Kamis, 08 Februari 2024

Tips Fotografi, Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Pertama)


Aku dan Senja
Soft Photography
trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 8 Februari 2024

Fotografi adalah ruang seni yang menciptakan dunia yang tak terbatas untuk menuangkan segala fantasi dan ekspresi yang Sobat inginkan. Fotografi juga bukanlah seni yang kaku, tetapi seni yang luwes, imajinatif, dan juga tidak berbatas. Dalam fotografi, teknik memotret dan juga genre yang baru akan selalu muncul. Salah satu teknik yang sering digunakan dalam fotografi adalah “bermain” dengan pantulan atau refleksi. Pantulan dapat merefleksikan gambar yang ciamik serta berkharakter, dan ini adalah ide kreatif yang dapat memperkaya portofolio Sobat. Dalam artikel ini, Saya akan mencoba untuk secara singkat memaparkan konsep refleksi dalam fotografi, memberikan pemahaman yang  (semoga) kreatif, dan sedikit bagi-bagi tips untuk mengambil foto yang menakjubkan dengan bermain pada efek pantulan.

Apa Itu Refleksi dalam Fotografi?


Refleksi dalam fotografi terjadi ketika cahaya dipantulkan oleh permukaan, bisa berupa pantulan pada permukaan cermin, air, kaca, atau yang lainnya, dan menciptakan bayang pantulan atau refleksi dari obyek aslinya. Ini menciptakan dimensi tambahan dalam foto dan sering kali menghasilkan efek visual yang sangat berbeda dibanding metode yang biasa. Refleksi dapat ditemukan di berbagai situasi, mulai dari pantulan air di danau hingga cermin di dalam ruangan.

Refleksi di Air

Air adalah salah satu media yang paling sering digunakan untuk menciptakan refleksi dalam fotografi. Sobat dapat mengambil foto refleksi di permukaan air yang tenang, seperti genangan air setelah hujan atau danau. Cobalah untuk menangkap berbagai obyek di alam, bangunan, atau objek lain yang mencerminkan keindahan alam di air.

Bidadari dalam Cermin
Soft Photography
trisoenoe.com

Cermin

Penggunaan cermin dalam fotografi adalah cara yang kreatif untuk menciptakan refleksi. Sobat dapat mengambil gambar orang, benda, atau pemandangan yang terpantul di cermin. Cobalah untuk mengeksplorasi sudut pandang yang berbeda untuk menciptakan komposisi yang ciamik.

Itulah Sobat-sobat yang kusayangi, coretan yang menjelaskan tentang Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Pertama). Dan coretan saya di atas akan saya sambung lagi ke bagian kedua dengan judul: “Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Kedua)”, semoga Sobat jepret bisa terhibur karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "Patrick Star"; “Aku lebih suka berjalan dengan seorang sahabat di dalam kegelapan, daripada sendirian di dalam terang.”

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(catatan: Penerapan foto refleksi yang paling mudah adalah dengan menggunakan cermin, walaupun demikian, refleksi obyek pada air akan menimbulkan efek dramatis yang lebih baik.)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar