Sabtu, 09 Maret 2024

Tips Fotografi, Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Kedua)



Beraban, Tabanan, Bali, Sabtu, 27 Januari

Pada coretan babak kedua yang akan sama-sama kita bahas masih di seputar "bermain-main" dengan refleksi untuk menghasilkan jepretan yang ciamik. Supaya Sobat bisa mengerti tentang tulisan-tulisan ini, silahkan Sobat baca kembali artikel sebelumnya yang berjudul: "Tips Fotografi, Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Pertama)", dan ini adalah coretan yang menjadi sambungannya:


Refleksi di Kaca Jendela

Kaca jendela juga bisa menjadi media yang menarik untuk menciptakan refleksi. Sobat dapat mengambil foto dari dalam ruangan dengan memanfaatkan refleksi yang terlihat di jendela. Ini menciptakan lapisan tambahan dalam gambar.

Refleksi Abstrak

Cobalah untuk menciptakan gambar refleksi yang bersifat abstrak. Sobat bisa mencari detail-detail seperti tekstur, warna, dan bentuk yang unik dalam refleksi. Ini adalah cara yang kreatif untuk melihat objek sehari-hari dari sudut pandang yang berbeda.

Manfaatkan Air Genangan

Setelah hujan, tumpahan air atau genangan air di jalan bisa menjadi sarana yang sangat menarik untuk menciptakan refleksi. Cobalah untuk mengeksplorasi alam sekitar setelah hujan dan cari gambar menarik yang mencerminkan dalam genangan air.


Refleksi dalam Fotografi Arsitektur

Bangunan dan tampilan arsitektural seringkali menciptakan refleksi yang menarik. Cobalah untuk menangkap citra bangunan yang tercermin di kaca gedung pencakar langit atau di genangan air yang ada di sekitar gedung tersebut. Coba untuk bereksperimen dengan pantulan pada bidang-bidang tadi, dan jangan lupa, gunakan fantasi Sobat agar foto yang Sobat hasilkan bisa menjadi menarik

Menciptakan Ilusi

Dalam fotografi, Sobat dapat menggunakan refleksi untuk menciptakan ilusi optik yang menarik. Cobalah untuk memainkan perspektif dan menciptakan gambar yang membingungkan mata bagi siapa saja yang melihat foto Sobat.

Itulah Sobat-sobat yang kusayangi, coretan yang menjelaskan tentang Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Kedua). Dan coretan saya di atas akan saya sambung lagi ke bagian ketiga dengan judul: “Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Ketiga)”, semoga Sobat jepret bisa terhibur karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "Squidward Tentacle"; “Seni tidak bisa ditentukan oleh waktu, seni akan datang saat semuanya sudah siap."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(catatan: Terkadang, memotret suatu obyek dengan memanfaatkan refleksi justru semakin memperkuat dari obyek dalam frame. Bahkan ada beberapa obyek yang semakin terlihat cantik ketika yang dijebak dalam frame adalah pantulannya, dan bukan realitasnya)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar