Minggu, 19 Mei 2024

Tips Fotografi, Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Ketiga)



Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 19 Mei 2024

Pada tulisan babak ketiga yang akan sama-sama kita ulas masih di seputar "bermain-main" dengan refleksi untuk menghasilkan jepretan yang indah. Supaya Sobat bisa paham tentang tulisan-tulisan ini, silahkan Sobat baca kembali artikel sebelumnya yang berjudul: "Tips Fotografi, Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Kedua)", dan ini adalah tulisan yang menjadi sambungannya:

Gunakan tripod 

Untuk mengambil foto dengan refleksi yang tajam, Sobat bisa juga memanfaatkan alat bantu yang namanya tripod. Tripod ini sangat membantu menjaga kamera tetap stabil (tidak bergoyang-goyang) dan mencegah gambar menjadi buram. Nah, kalau ternyata sobat tidak punya tripod, bisa juga menggunakan alternatif alat bantu lain untuk meletakkan kamera, seperti tumpukan bata, buku, di atas tembok, tumpukan emas batangan, di atas kap mobil Mini Cooper, dek kapal pesiar pribadi, sayap pesawat jet pribadi, dan sebagainya.


Manfaatkan cahaya semaksimal mungkin

Cahaya adalah salah satu faktor penting dalam fotografi. Sobat harus memanfaatkan cahaya semaksimal mungkin dan bermain dengan efek cahaya itu, kemudian lihatlah bagaimana cahaya akan mempercantik refleksi. Cobalah untuk memotret pada saat cahaya cerah dan lembut (hindari memotret pada saat cahaya sedang ganas-ganasnya seperti pada saat tengah hari bolong, atau pada saat sinar sedang kurang-kurangnya seperti pada saat tengah malam buta).


Fokus pada obyek yang Sobat potret 

Meskipun refleksi bisa menjadi elemen menarik dalam foto, pastikan subjek utama tetap menonjol. Jangan biarkan refleksi mengambil alih fokus. Contohnya, Ketika Sobat mencoba memotret model dengan refleksi jendela, usahakan supaya model tersebut terlihat dominan, jangan sampai malah kaca jendelanya yang dominan.

Bereksperimenlah pada angle yang berbeda-beda

Jangan takut untuk bereksperimen dengan angle yang berbeda untuk menciptakan komposisi yang menarik. Cobalah untuk melihat subjek melalui refleksi dari berbagai sudut.

Jangan takut untuk mengedit

Setelah mengambil foto, jangan ragu untuk mengeditnya. Sobat dapat meningkatkan kontras, warna, dan tajamnya gambar untuk mencapai efek yang diinginkan.

Pola dan simetri

Refleksi seringkali menciptakan pola dan simetri yang menarik. Cobalah untuk menonjolkan pola ini dalam foto.

Lingkungan yang bersih 

Pastikan lingkungan sekitar refleksi dalam keadaan bersih. Bercak atau kotoran dapat mengganggu hasil akhir foto.

Menggunakan refleksi dalam fotografi adalah cara kreatif untuk menciptakan gambar yang menarik dan berkesan. Dengan mencari refleksi di berbagai medium dan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Sobat dapat menciptakan foto yang memikat dan indah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan konsep refleksi dan mengembangkan gaya unik dalam fotografi. Refleksi adalah salah satu cara untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda dan mengungkapkan kreativitas Sobat dalam seni fotografi.

Itulah Sobat-sobat tercinta, coretan yang menjelaskan tentang Ketika Obyek “Bermain” Dengan Refleksi Dalam Foto (Coretan Babak Ketiga). Dan coretan saya di atas adalah bagian akhir dari coretan tiga babak yang mengulas mengenai refleksi dalam fotografi.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "Patrick Star"; “Sahabat adalah mereka yang tetap ada, walau seluruh dunia berkata kau tak lagi berharga."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(catatan: Refleksi dalam fotografi bisa jadi merupakan salah satu solusi dalam memahami relitas suatu obyek. Aneh memang, terkadang suatu obyek dalam foto akan lebih mudah terlihat "indah" apabila obyek itu disajikan dalam bahasa "pantulan" dalam frame)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar