Kamis, 21 April 2016

Dark Beauty Photography.....ataukah..."Pure Beauty"? (Merekam kecantikan dalam bayang-bayang)



Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis, 21 April 2016

Apa itu "Dark Beauty Photography"...?
Apa foto-foto ini dapat digolongkan ke dalam "dark beauty photography?"

Beberapa foto di sini seakan diselubungi oleh aura atau nuansa "gelap" (kalau tak dapat dikatakan temaram)...atau minim warna!

Tapi foto-foto ini punya ciri khas yang sangat kuat, dan kalo kita melihat foto ini, mau nggak mau, kita setuju sama perspektifnya si fotografer (selanjutnya ditulis "FG" aja ya, capek ngetiknya...sumpah!), seakan-akan si FG berusaha "menyudutkan" kecantikan tersebut, ke dalam satu nafas kesederhanaan, sehingga siapapun yang melihat foto itu, akan memiliki sudut pandang yang sama dengan si FG nya, dimana kecantikan ditampilkan dalam bentuknya yang paling dasar, paling sederhana, dan paling murni.

Berikut akan saya posting beberapa foto, yang menurut saya, dapat digolongkan ke dalam "Dark Beauty":


FG : Tuntas Trisunu
Lady in Frame : Susilowati

Foto ini diusung dengan style "black & White" atawa hitam putih! Sengaja dipakai style BW, untuk mengurangi hilangnya "fokus" karena banyaknya warna yang masuk kedalam frame. Dengan hitam-putih, otomatis, "point of interest" nya akan dipaksa atau digiring ke arah obyek foto, dan nilai dari si obyek akan lebih terangkat!...begitu menurut saya...tapi, ya semua balik lagi ke persepsi masing-masing orang yang yang melihat foto ini, dan itu sah-sah aja kok!


FG : teario photoclick
Lady in Frame : B. Mikan


FG. Agus Tabrani
Lady in Frame :.............

Secara garis besar...saya masih belum bisa menemukan definisi yang pas dan definitif untuk "dark Beauty"...tapi, kalo menurut saya, foto-foto diatas.....""Super Beauty!" terlepas dari style yang diangkat!..Salut selalu untuk para FG dan juga model yang terekam dalam foto-foto tersebut.


2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus