Selasa, 05 April 2016

Dark Beauty....atau bukan?



Foto di atas..Dark Beauty....atau Bukan?

Masih dalam artikel yang mengulas secara singkat, tentang berbagai hal yang ber”aroma” fotografi. Kali ini, yang kebagian untuk disentil adalah salah satu karya kawan saya “Gilang” (berani sumpah, saya tidak tahu nama asli teman saya ini, Cuma sewaktu kenalan dahulu, dia bilang kalau namanya Gilang. Peduli setan belang siapapun nama aslinya, kalau dia bilang namaanya Gilang, ya saya aakan panggil dia sebagai “Gilang”)
Untuk Foto yang satu ini, kayanya terlalu "terang" kalau mau dikategorikan sebagai "dark beauty photo", tetapi, saya sangat setuju dan sepakat kalo foto ini harus digolongkan ke dalam "Art or Beauty Shot Photo". Salut dan penghargaan sebesar-besarnya untuk FG dan modelnya dalam frame ini.

Nah, buat Sobat yang masih belum paham tentang apa arti dari “Beauty Shot”, disini ada keterangan dari sang maestro mengenai artinya. Silahkan disimak ya Sob:

Beauty shot adalah sebuah ungkapan dalam jagat raya fotografi yang artinya “Segala sesuatu yang dihasilkan dalam fotografi seharusnya terlihat cantik, menarik, dan menebarkan aura dari foto tersebut”. 

So, berangkat dari pemahaman yang super mendalam di atas, maka kewajiban utama dari seorang fotografer bukan lagi tentang teknik pencahaayaaaan, setting kamera, dan lain-lain yang sifatnya teknis semata. Tapi kemampuan untuk menyelami dan mendalami, karakter serta anatomi wajah dari model yang akan difoto.

Selain anatomi wajah dan tubuh, hal lain yang tidak kalah penting bagi fotografer harus lakukan adalah mampu memberikan arahan dan membangkitkan rasa percaya diri model. Tujuannya agar fotografer dapat memotret model dengan maksimal dari perspektif yang paling maksimal. Selain ekspresi wajah model yang menjadi perhatian, maka ekspresi gerak atau bahasa tubuh si model juga merupakan hal yang harus mendapat perhatian penting, sehingga antara ekspresi wajah dan bahasa tubuh sang model menjadi satu kesatuan yang menciptakan satu sinergi yang apik dari foto tersebut. Supaya bias mencaapai fase itu, komunikasi yang baik antara fotografer dan model perkara yang paling utama

Dan foto di atas bisa merepresentasikan itu semua.

Dalam artikel ini, saya hanya ingin mengucapkan satu hal: “Karya Luar Biasa!”

FG: Gilang
Lady in frame: ( ga tau....mungkin ada yang tau?)

Salam Jepret!

Dibawah ini adalah koleksi foto saya, yang saya ambil dengan perspektif "Dark Beauty". Silahkan disimak!





2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus