Senin, 11 April 2016

Fotografi Ekspresi...Menjebak "Bahasa" Wajah ke dalam Frame



Ciledug, Tangerang, Banten, Senin, 11 April 2016

Artikel kali ini adalah tentang ekspresi wajah!

Manusia memang merupakan obyek tanpa batas dari fotografi. Ada fotografer yang memfokuskan diri pada wajah, ada juga fotografer yang memfokuskan pada bagian-bagian tertentu dari tubuh manusia, ada juga fotografer yang lebih memilih untuk mengabadikan manusia itu secara keseluruhan.


Artikel ini, akan mengulas tentang bagian dari fotografi wajah, dimana aliran fotografi ini, lebih memfokuskan wajh dengan berjuta ekspresinya, dimana "jiwa" dari foto tersebut, terwakili dengan sangat baik lewat ekspresi wajah si obyek.

Kalau saya ditanya: apa itu fotografi ekspresi? Saya akan pilih untuk melarikan diri atau terjun ke laut daripada harus menjawabnya!  Jelas sob, karena definisinya kadang susah diungkapkan. Karena memang, foto ekspresi ini seharusnya masuk ke dalam ranah foto portrait. Tetapi, kadang saya menemui, dimana banyak foto portrait yang menampilkan obyek dengan ekspresi "datar", alias tanpa ekspresi pada raut wajahnya.


Untuk itu, saya lebih memilih untuk menggolongkan foto-foto ini ke dalam "Foto Ekspresi", dimana yang menjadi fokusnya adalah ekspresi yang terpancar pada raut wajah si obyek.


Dan foto anak-anak merupakan obyek yang sangat tepat serta tak lekang oleh waktu, karena keluguan dan ekspresi wajahnya yang memikat naluri kemanusiaan. Foto di atas adalah salah satunya, mengabadikan ekspresi yang polos dari wajah seorang anak. 


Untuk obyek model, ketika patokannya adalah ekspresi wajah, maka fotografer pada saat memotret, harus sebisa mungkin menghindari keseluruhan tubuh dari si model, dan berfokus pada raut wajah serta ekspresinya. Karena, esensi dari fotografi ekspresi ini terletak dari kekuatan ekspresi raut wajah dari si obyek foto...menangis, tertawa, tersenyum, sedih, sayu, terpaku memandang "sesuatu" di kejauhan, dan sebagainya. Itulah hakekat fotografi ekspresi sebenarnya....bahasa itulah yang disampaikan melalui fotografi ekspresi

(Edisi: Sepia with touch of colour!)


FG : Gw sendiri!
In frame : dimas (ponakan gw!)

Jujur, ane masih belum ngerti, untuk foto jenis ini digolongkan kemana?


Tapi, "Point of interestnya"  adalah pada wajah si model, yang menunjukkan ekspresi yang khas, yang menurut saya, bisa menunjukkan "true emotion" dari si model pada saat itu!



FG : Gw sendiri!
In frame : Sampai detik ini, saya masih tidak tahu nama model ini.

Demikianlah artikel tentang foto ekspresi ini, memang masih sangat jauh dari kata benar, apalagi sempurna. Mohon dimaklumi! 

Catatan: Supaya dapat pejelasan yang agak lengkap, ada baiknya dibaca juga artikel saya tentang tips memotret wajah di sini.


2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus