Sabtu, 23 Juli 2016

Wall of Fame #2 (Black & White Photography)



Ciledug, Tangerang, Banten, Sabtu, 23 Juli 2016 

Kembali posting edisi penyegaran, yaitu edisi Wall of Fame. Untuk wall of fame kali ini, akan ditayangkan (wah...kaya serial tipi...ditayangkan), tentang foto-foto bernuansa hitam-putih (black & White).

“Kenapa black & White?”


Ya, karena foto dengan karakter seperti ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh foto dengan banyak unsur  warna di dalamnya. Ada sebagian orang mengatakan, foto hitam putih adalah salah satu jenis foto yang tak lekang oleh waktu (walaupun ada juga yang tak setuju dengan hal itu, namun, jumlahnya hanya sedikit)


Tanpa adanya elemen warna yang mengganggu (jika dapat dikatakan mengganggu tentunya!), kadang foto hitam putih justru mampu membekas kuat dibenak yang melihatnya, dan pesan yang diangkat oleh foto jenis ini menjadi lebih  mudah "terbaca". 

Namun, foto jenis ini atau foto hitam putih juga memiliki kekurangan, karakter dari foto jenis hitam putih ini sedemikian kuat namun sempit, sehingga sulit untuk mengembangkan perspektif yang luas berdasar pada black & white. Walaupun disisi lain, sempitnya perspektif justru menjadi kelebihan tersendiri!


Intinya, dalam foto hitam putih, cerita yang disampaikan oleh foto itu hanya bisa melalui bentuk, kekuatan kontras gelap terang, dan jika ada unsur manusia di sana, maka ekspresi dari si manusia haruslah kuat. terkadang, suatu foto hitam putih menjadi "datar" atau "flat" hanya karena kehilangan faktor-faktor yang sudah saya sebutkan tadi. (baca artikel saya FOTOGRAFI HITAM PUTIH - KENIKMATAN DALAM FOTO HITAM PUTIH)

Berikut ini, Karya-karya foto saya dalam nuansa hitam & putih:

Pedagang Perlengkapan rumah tangga tradisional
Puri Beta - Ciledug - banten





Demikian foto-foto wall of fame dengan nuansa hitam-putih, semoga berkenan!

Akhir kata, "salam jepretz-dan terus berkarya sob!"

Catatan:

Foto hitam putih merupakan foto yang polos yang memaksa kita untuk melihat bentuk daripada warna. Sebuah subjek dengan pencahayaan redup dan memiliki bayangan mungkin tidak berarti dalam gambar berwarna, namun dalam foto hitam putih bisa saja sangat powerful.


Foto hitam putih mampu menyampaikan kesan murni serta emosi yang sangat kuat, dan hal inilah yang mendasari mengapa sampai saat ini beberapa majalah dan koran masih sering menggunakannya.

1 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus