Rabu, 28 September 2016

SPOT FOTOGRAFI-GEDUNG ARSIP NASIONAL



Kemayoran, Jakarta, Rabu, 28 September 2016

Sambil menunggu kabar, apakah gajian akan tiba hari ini, atau mundur (wah...jangan dong!....Bisa sedih + Nangis bombay nih kalo mundur!), ada baiknya, saya mengisi masa-masa penantian yang menegangkan, mengiris hati,  dan mengharubiru ini dengan menulis sesuatu....Yang kalau dibilang penting, juga tidak, tapi kalau dibilang tidak penting.....Ya memang tidak penting-penting amat sih!....Tapi lumayan untuk perbendaharaan pengetahuan!

Postingan ini adalah tentang satu Spot Fotografi yang juga lokasi destinasi atau tujuan wisata, yang sangat bernilai sejarah....yaitu "Gedung Arsip Nasional ". Ironisnya, gedung ini juga bernasib sama dengan bangunan-bangunan bersejarah lain....Terabaikan!


Dan yang bikin lebih miris lagi, ternyata bangunan ini tetap bisa eksis setelah diselamatkan oleh suatu organisasi non pemerintah dari luar negeri, yang merasa prihatin atas kondisi bangunan ini, dan berinisiatif untuk menyelamatkannya....Zonder bantuan dari pemerintah....Wah....Jadi malu nih rasanya!

Secara visual, gedung ini memiliki keindahan arsitektural yang tinggi, terbukti dengan designnya yang tetap menarik walau telah melewati pergantian waktu, sangat kontras dengan bangunan-bangunan (ruko atau gedung baru) disekelilingnya yang sangat......"common" dan terkesan asal jadi.


Boleh dibilang, gedung ini sebagai penanda yang jelas dari "ketidakpedulian" orang atau badan usaha yang tumbuh disekitarnya, yang enggan untuk meniru nafas "estetis" dari bangunan ini, dan lebih memilih untuk mengambil jalur "instant" demi meraih profit yang sifatnya juga "instant"...Efeknya bisa ditebak, mayoritas bangunan/gedung2 disekitarnya hanya menjadi "polutan pemandangan".


So....buat sobat-sobat yang kebetulan mampir ke jalan Gajah Mada, nggak ada salahnya untuk sekedar menengok dan memandang bangunan ini, karena toh bangunan ini menawarkan perpektif yang berbeda dibanding yang lain!

Oh ya...Untuk lebih jelasnya tentang asal usul bangunan ini, disini saya sertakan saduran dari wikipedia, sekedar tambahan khazanah pengetahuan kita tentang sejarah!

Inilah tuturan "Wikipedia" tentang Gedung Arsip Nasional :

Gedung ini adalah bekas kediaman gubernur jenderal VOC Reinier de Klerk dan dibangun pada abad ke-18.
Tahun 1900, ada rencana untuk membongkarnya dan membangun pertokoan di tempatnya. Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen ("perhimpunan Batavia untuk seni dan ilmu"), yang justru didirikan de Klerk, turun tangan untuk menyelamatkannya. Antara lain, Genootschap menghibahkan mebel yang masih terlihat di gedung itu.


Hingga tahun 1925, gedung ini dipakai departemen Pertambangan pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kemudian, tempat tersebut dijadikan Lands archief ("arsip negeri"), yang setelah Indonesia menjadi gedung arsip nasional. Tahun 1992, arsip nasional dipindahkan ke gedung baru di Jalan Ampera di Jakarta Selatan.


Tahun sama, ada kabar angin bahwa gedung lama akan dibongkar keluarga mantan presiden Soeharto untuk membangun pertokoan, seperti pada tahun 1900. Gedung ini diselamatkan sekelompok usahawan Belanda yang mendirikan Stichting Cadeau Indonesia ("yayasan hadiah Indonesia") yang ingin memberikannya sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-50. Yayasan tersebut mengumpulkan dana untuk memugarnya dan menjadikannya sebuah museum.


Pemugaran rampung awal tahun 1998. Tanggal 13 Mei terjadi kerusuhan di Jakarta. Bank yang letaknya di sebelah dibakar, dan Gedung Arsip memperbolehkan karyawan bank berlindung di dalamanya. Para perusuh mengejar mereka ke dalam, tapi diusir para buruh yang masih ada di tempat dan tidak ingin hasil pekerjaan mereka dihancurkan.


Kini, gedung dikelola oleh yayasan tanpa bantuan dari pemerintah dan dijadikan tempat pameran. Kebunnya buka dari pukul 6.00 sampai 18.00. Penduduk setempat diajak memakai kebun tersebut sebagai sarana umum. 

Nah, sobat jepret semuanya, itulah tadi, ulasan sangat singkat tentang satu spot fotografi, yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Keunikan dan keindahan arsitektural dari Gedung Arsip Nasional, sangat sesuai dan "masuk" banget untuk obyek foto, maupun background. Banyak tema yang bisa diterapkan di Spot Fotografi yang satu ini. Mau Still Life Photography, atau model dengan tema klasik-Hitam Putih, atau sekedar memotret gedungnya saja (untuk menonjolkan arsitekturalnya), atau apapun.....bisa masuk dan klik di tempat ini!

Demikian sobat, sedikit ulasan dari saya, tentang satu obyek foto, yang sangat indah di Jakarta.

2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus