Kamis, 12 Agustus 2021

Tips Fotografi Makro (Biar hasilnya seperti fotografer profesional....Semoga!) Tulisan bagian Pertama


Foto Bunga (Makro dan hitam putih)
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Kamis, 12 Agustus 2021

Salam Jepret Sobat semuanya. Sekarang di pertengahan bulan Agustus, tahun 2021, dan sekarang masih pendemi. 

Ya! Covid masih mencengkeram, dan enggan untuk pergi. Semua orang kena imbasnya, mulai dari ketakutan akan tertular, PSBB alias larangan keluar rumah kalau tak penting, dan yang sekarang ini sedang diterapkan di semua daerah adalah; “PPKM”, dan entah nanti apalagi istilahnya. Judulnya sih sama saja, masyarakat dilarang keluar rumah kalau tak penting atau tak memiliki keperluan mendesak. Alhasil, semua usaha kena imbas, semua sendi ekonomi benar-benar terasa lumpuh, semua kegiatan ekonomi juga sedang sekarat, bahkan beberapa kegiatan ekonomi, benar-benar sudah gulung tikar alias wafat.

Duh, Sobat, sekarang ini semuanya memang serba susah dan bikin kepala jadi pening.

Nah, supaya kepala ini tidak makin jadi pening, lebih baik kalau kita omong-omong masalah fotografi saja. Dan sekarang, kita akan membicarakan tentang satu aliran dalam fotografi, yang namanya fotografi makro, dan beberapa tips, yang bisa menjadikan hasil jepretan fotografi makro kita akan semakin ciamik. 

Dan tanpa berpanjang lebar lagi, inilah ceritanya:

Fotografi makro adalah salah satu aliran dalam fotografi yang lebih memfokuskan hasil jepretan pada detail-detail kecil. Aliran fotografi ini didasarkan pada jenis lensa khusus yang disebut lensa makro atau lensa close-up, yang memungkinkan Sobat untuk berfokus pada objek dengan lebih dekat daripada yang bisa Sobat lakukan secara normal. Sobat bisa berada cukup dekat sehingga objek Sobat benar-benar memenuhi frame foto Sobat. Beberapa objek foto yang paling populer untuk para fotografer pencinta makro antara lain adalah bunga, daun, serangga, dan benda sehari-hari lainnya di alam yang tidak biasanya kita lihat secara close-up.

Berikut ini adalah tips-tips memotret makro:

1.Sobat harus punya kamera!

Untuk yang satu ini, saya tak akan menjabarkannya secara panjang lebar. Saya males neranginnya!


2. Pergunakan tripod

Walaupun sekarang sudah ada lensa makro yang dilengkapi dengan fitur Image Stabilization (IS) atau Vibration Reduction (VR) bawaan, tapi kalau Sobat benar-benar mau serius untuk menekuni fotografi makro, maka Sobat harus serius tentang kualitas ketajaman dari foto yang Sobat hasilkan. Itu berarti Sobat benar-benar butuh yang namanya tripod. Fotografi jenis ini merupakan satu aliran, dimana ada satu perlengkapan yang kudu alias wajib dipakai, yang bernama “tripod”. Jadi, tripod merupakan salah satu hal yang mutlak yang harus anda pakai ketika memotret makro. 

Mengapa Tripod menjadi benda wajib?

Karena tripod, mampu memberikan kestabilan pada kamera. Ketika kita memotret suatu obyek yang membutuhkan ketajaman fokus, maka kestabilan kamera menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. Dan kalau kita memegang kamera dengan tangan, dijamin, tingkat kestabilan tidak akan bisa tercapai secara maksimal. Nah, disinilah kita membutuhkan tripod untuk menggantikan fungsi tangan kita dalam hal menopang kamera.


Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar