Jumat, 11 Maret 2022

Om, Gimana Caranya Biar Bisa Kelihatan Kaya Tukang Potret Kelas Kakap Alias Profesional? (Nasehat ngasal yang disajikan dalam cerita tiga episode, dan ini episode ketiga)


Sang Fotografer
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, banten, Jum'at, 11 Maret 2022

Apa kabar Sobat Jepret seantero jagat raya? Seperti yang sudah saya di artikel yang sebelumnya, saya akan sambung tulisan yang tempo hari sudah saya tayangkan, dan artikel ini adalah lanjutan tulisan dari artikel bagian kedua (Om, Gimana Caranya Biar Bisa Kelihatan Kaya Tukang Potret Kelas Kakap Alias Profesional? (Nasehat ngasal yang disajikan dalam cerita tiga episode, dan ini episode kedua)), dan inilah artikelnya:

Tapi mungkin kawan saya ini ada pendapat lain. Mungkin kawan saya ini ingin tampil beda atau ingin dikenali sebagai fotografer jempolan level dewa, sehingga orang segan pada kawan ini, atau untuk mungkin kawan saya ini ingin menarik orang untuk menjadi korban jepretannya. Mungkin.

Dan karena saya tidak ingin mengecewakan sahabat baru saya ini (si Panjul ini sudah susah payah sowan ke “pertapaan” saya, sambil kasih sesajen kopi ditambah rokok tiga batang), akhirnya, saya kasihlah dia orang nasehat. Dan inilah nasehat saya kepadanya:

Cari kamera yang besar, semakin besar semakin baik, terus kasih pasang battery grip dibawahnya sehingga kameranya makin kelihatan bengkak. 

Kalau masih belum kelihatan mencolok, usahakan bawa dua kamera, tiga kamera, empat kamera atau lebih. Sebagian di selempangkan di leher, sebagian lagi dipegang, sebagian sisanya diselempang di pundak.

Jangan pakai lensa yang standar, pakai lensa telephoto zoom yang segede gaban, lalu sering keker-keker dan dan plintar-plintir untuk mainkan zoom atau fokusnya.

Pakai rompi khusus fotografer yang punya kantong empat belas biji, dan jangan lupa untuk diisi setiap kantong dengan batu bata, biar kelihatan penuh dan berat.

Sekalian pakai topi mancing atawe topi rimba, dan kalau sempat, topi rimbanya dikasih bordiran pakai benang merah dan tebal dengan tulisan “FOTOGRAFER”.

Bawa tripod yang paling gede dan paling panjang, sekalian bawa juga payung dan juga lampu blitz tambahan.

Bawa juga buku catatan yang tebel dan ballpoint, kemudian, saban habis jepret, langsung mencatat-catat sesuatu. 

Selalu bawa tas gembolan yang gede, dan isi tasnya dengan batako empat biji, biar kelihatan berat dan penuh banget.

Sering-seringlah menjepret apapun, dan selalu pasang mode blitz on, biar kelihatan kaya badai guntur karena lampu blitznya nggak putus seperti kilat susul-menyusul.
Nah, dengan cara ini, orang-orang di sekitar bakalan berpikir, “wah serius juga fotografernya, pasti kelas kakap nih”.

Dan yang paling nggak boleh ketinggalan, jangan pernah tangan lepas dari kamera, dalam kondisi apapun. Peduli setan belang mau dibilang gila atau sinting, yang penting, jangan sampai lepas itu kamera.

Memotret Model & Fotografer
trisoenoe.com

“Gimana Mas Bro? Ok nggak?” Tanya saya ke si Panjul. Tampak si panjul merenungi nasehat saya dalam-dalam. Tekun betul rupanya. Sejurus kemudian, dia tersenyum. 

Sontak, wajahnya bedul yang memang sudah menyalahi kaidah keindahan ini jadi makin kelihatan tidak tertata dan semrawut.

“Cocok Om, cakep!” Jawab si Panjul senang. Rupanya, nasehat saya sangat mengena buat dia.

Saya sudahi dulu untuk artikel yang sekarang, dan selanjutnya artikel ini akan disambung ke episode tambahan alias bonus, dengan judul: "Om, Gimana Caranya Biar Bisa Kelihatan Kaya Tukang Potret Kelas Kakap Alias Profesional? (Nasehat ngasal yang disajikan dalam cerita tiga episode beneran serta satu episode bonus, dan ini episode bonusnya)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar