Sabtu, 14 Mei 2022

10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Kedua dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)


Lensa Kit 18-55mm
trisoenoe.com

Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jakarta, Sabtu, 14 Mei 2022

Salam hangat Sobat jepret semuanya. Kali ini, saya ada kabar baik yang rasanya harus saya kabarkan kepada Sobat semua. Kabar baiknya adalah: Artikel yang sudah tayang sebelumnya, yang berjudul "10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Pertama dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)", ternyata ada sambungannya atau kelanjutannya.

Dan boleh percaya atau tidak, suka atau tidak suka, senang atau tidak, akan saya upload artikel kelanjutannya. Dan inilah dia artikel sambungannya:

Lensa Kit 18-55mm
trisoenoe.com

2. Imut, Simple dan Tidak Terlalu Berat (Tidak Seberat Beban Hidup yang Sobat Rasakan)


Lensa kit yang paling sering dijual dalam satu paket dengan kamera DSLR adalah lensa 18–55mm. Seperti yang saya tulis di atas, walaupun lensa kit ini kelihatan “ndeso” dan berpenampilan “hamba sahaya”, namun perlu diingat bahwa lensa kit ini simple, ringkas, dan tidak terlalu berat.

Sebagai contoh, lensa kit Canon 18–55 f/3.5–5.6 IS STM itu beratnya hanya sekitar 200 gram dan panjang maksimal hanya 6 cm.

Sementara lensa sejenis dengan spesifikasi semi pro, Canon 17–55mm f/2.8 IS USM berbobot 650 gram dan panjang maksimal 11 cm. Dimensinya hampir 2 kali lebih panjang dan 3 kali lebih berat.

Apalagi kalau dibandingkan dengan beras satu karung yang beratnya sekitar 50 kilo, jelas masih lebih enteng lensa kit bukan?

Nah, jadi jangan anggap enteng lensa kit ini Sobat. Apalagi kalau Sobat ternyata adalah tipe fotografer cap dengkoel (baca: dengkul), yang lebih suka hunting kesana dan kesini dengan berjalan kaki. Dengan membawa lensa kit yang ringan sebagai senjata utama, tentu saja daya jelajah Sobat akan lebih maksimal karena beban yang tidak terlalu berat. 

Bunga Teratai!
Dijepret dengan lensa kit 18-55mm
trisoenoe.com

3. Harga Filternya Lebih Murah


Filter lensa masih tetap berguna, meski Sobat hidup di era digital. Dan untuk filter berlaku hukum ini: makin besar diameter filter, harganya juga bakalan semakin mahal.

Lensa kit dasar seperti yang kita sebut di atas memiliki ukuran fisik yang kecil, otomatis membutuhkan ukuran filter yang lebih kecil pula.

Filter Kenko Pro–1 CPL (circular polarizer) yang berguna untuk memangkas refleksi saat kita memotret permukaan mengkilap (air, kaca, jidat teman, dan sebagainya) yang berukuran 77mm (lensa pro) harganya bisa diatas Rp. 1 Juta. Bandingkan dengan filter yang sama untuk lensa kit (diameter 58mm), harganya tidak sampai Rp. 700 ribu.

Sunset!
Dijepret dengan Lensa Kit 18-55mm
trisoenoe.com

Demikianlah Sobat, untuk celoteh potongan kedua, dan selanjutnya akan disambung ke bagian ketiga, dengan judul: "10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Ketiga dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:


#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar