Kamis, 12 Mei 2022

10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Pertama dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)


Lensa kit 18-55
trisoenoe.com

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022

Apa kabar Sobat Jepret semuanya?

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk mengulas satu tema, yang masih ada hubungannya dengan fotografi, yaitu lensa kamera. Dahulu, saya pernah sedikit menulis tentang kelebihan dari lensa 50 mm (silahkan baca di artikel yang berjudul: "Tentang Lensa 50 mm"), dan kali ini, yang akan saya coba telisik adalah lensa kit 18 - 55 mm. Dan inilah ocehan potongan yang pertama, silahkan disimak ya Sob!

Apakah Sobat ada yang tau apa itu lensa kit? 

Benar sekali Sob! Lensa kit adalah lensa kamera yang dijual dalam satu paket dengan kamera. Kebanyakan lensa kit punya tampilan yang terlalu “biasa” alias tidak heboh, ditambah dengan bahan lensanya yang mungkin kelihatan “murahan” dengan bahan plastik, ditambah dengan spesifikasinya yang juga terkesan “merakyat” alias biasa-biasa saja. Iya Sob, Lensa kit biasanya sering dicampakkan oleh fotografer-fotografer pemula (fotografer pemula tapi dari kelas sultan) karena dianggap kurang bonafide. 

Sayangnya, tingkah-laku seperti ini, selain menyakiti hati fotografer proletar (seperti saya), ternyata juga mencerminkan kemampuan yang rendah dari para fotografer sultan tersebut. Sebenarnya, lensa kit adalah senjata yang paling sempurna bagi para fotografer yang baru menyelami sekaligus mendalami dunia fotografi, sekaligus solusi paling elegan untuk fotografer “kasta dalit” dalam hal berdamai dengan budget.

Lho, Kenapa bisa begitu?

Iya Sob, ternyata lensa kit tidak “semurah” tampilannya. Justru, ditangan para ahlinya ahli (core to the core nya fotografer), lensa kit bisa kasih hasil jepretan yang ciamik, yang tak kalah ciamiknya dengan hasil jepretan lensa prime. Bukan hanya itu, lensa kit ternyata punya sederet nilai lebih, yang sayang apabila diabaikan. 

Nah, berikut ini akan saya coba sajikan, 10 keistimewaan dan kegunaan lensa kit yang sepertinya luput dari pemahaman kita:  

Bunga !
Dijepret dengan Lensa Kit 18-55 mm
trisoenoe.com

1. Memiliki 4 Panjang Focal Klasik yang Berpadu Dalam 1 Lensa


Meski “penampakannya” terlihat sangat biasa, sebuah lensa kit memiliki 4 panjang focal klasik, dengan kata lain sebuah lensa kit bisa dengan apik mewakili tugas empat lensa prime/fixed sekaligus. Empat panjang focal klasik tadi adalah: 28mm (wide-angle), 35mm (medium wide), 50mm (normal) dan 85mm (portrait).

Angka focal length di atas adalah angka untuk kamera full frame, panjang focal ekuivalen untuk kamera APSC adalah masing-masing: 18mm, 23mm, 35mm dan 56mm.

Dan saat ini mayoritas lensa kit untuk kamera APSC yang dijual memiliki rentang 18–55mm. Pilihan lain adalah lensa kit dengan rentang dari lebar sampai mendekati medium tele: 18–105mm atau 18–135mm. Demikian juga saat Sahabat membeli kamera full frame, lensa kit yang paling sering di tawarkan adalah 24–105mm.

Bunga !
Dijepret dengan Lensa Kit 18-55 mm
trisoenoe.com

Memang lensa kit tidak akan menawarkan bukaan yang cetar membahana, paling mentok bukaannya di angka f/3.5, namun setidaknya Sobat bisa dapat fungsi dasar empat lensa (atau lebih) dalam satu lensa kit. 

Mengagumkan bukan?

Saya sudahi dulu untuk celoteh yang pertama ini ya Sob, dan selanjutnya akan disambung ke bagian kedua, dengan judul: "10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Kedua dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

https://belfot.com/7-kelebihan-lensa-kit/

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar