Rabu, 08 Maret 2023

Close Up dalam Beauty Photography ! – Definisi Keindahan Absolut nan Dekat (Celoteh bagian Pertama)


Beauty Photography
trisoenoe.com

Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Rabu, 8 Maret 2023

Salam jumpa rekan-rekan jepret semuanya. 

Pada artikel tiga babak ini, saya akan coba mengulas tentang satu aliran alias genre dalam fotografi, yang sejatinya akan jadi semakin mempesona seandainya dikombinasikan dengan genre yang lain. Genre tersebut adalah fotografi close up dan beauty photography

Foto close up adalah foto yang memfokuskan kepada bagian kepala model saja. Foto close up biasanya digunakan pada foto beauty atau kecantikan.

Pada sebuah foto close up, seperti foto ciamik diatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh model dalam berpose, yaitu:

Ekspresi


Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk “Bahasa” yang umum digunakan untuk menyampaikan emosi seseorang.

Beberapa ekspresi yang umum ditemui diantaranya seperti ekspresi bahagia, tersenyum, tertawa, marah, sedih, menangis, datar, dan banyak macam lagi. Ekspresi model pada sebuah foto sangatlah penting, karena akan mempengaruhi suasana dari sebuah foto. Ekspresi model juga harus disesuaikan dengan tema dari foto tersebut.

Dan inilah beberapa macam ekspresi yang umum alias sering kita temukan:

Beauty Photography
trisoenoe.com

Ekspresi datar

Ekspresi datar adalah ekspresi yang tidak memancarkan aura apapun alias “flat”, tidak senang ataupun sedih, usahakan tatapan mata si model kosong menerawang. Ekspresi datar bisa ditampilkan dengan wajah agak merenung atau melamun. Untuk membantu ekspresi datar, selain menatap ke kamera, wajah bisa juga menatap ke arah bawah atau atas.

Beauty Photography
trisoenoe.com

Ekspresi sedih

Ekspresi sedih biasanya disampaikan melalui bahasa tubuh yang spesifik, seperti menangis, mata terpejam, atau sedang termenung. Ekspresi menangis agak sulit dilakukan, terutama jika tidak sedang bersedih. Untuk mensiasatinya, bisa menggunakan obat tetes mata (supaya terlihat efek menangis) atau dengan mengingat hal-hal yang pedih dan menyakitkan (seperti utang yang sudah jatuh tempo, atau undangan pernikahan dari mantan, dan seterusnya).

Beauty Photography
trisoenoe.com

Ekspresi tersenyum

Ekspresi tersenyum paling sering dijumpai pada foto kasual. Dengan tersenyum, orang yang akan melihat foto kita akan merasakan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan. Jangan senyum dengan menyunggingkan satu sudut bibir saja. Senyum model gini kurang sedap dimata dan bikin kesan kaku alias kurang menyenangkan.

Demikianlah Sobat, celoteh tentang Close Up dalam Beauty Photography di bagian pertama. Dan penuturan ini akan saya teruskan ke bagian yang kedua, dengan judul: “Close Up dalam Beauty Photography ! – Definisi Keindahan Absolut nan Dekat (Ocehan bagian Kedua)”, semoga Sobat bisa terhibur karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Apapun yang terjadi, tetaplah bernapas!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar