Minggu, 05 Februari 2023

Beauty Photography (Atawe Foto yang Mengusung Kecantikan), Satu Aliran dalam Fotografi, dan Penuturannya (Celoteh Bagian Pertama)


Portrait dalam Hitam Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Minggu, 5 Februari 2023

Sobat, kali ini kita akan mencoba untuk membahas tentang satu aliran fotografi,yang Namanya “Beauty Photography” (yang kalau diterjemahkan secara bebas, artinya "fotografi cantik" atau "fotografi yang mengusung kecantikan").  

Portrait dalam Hitam Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

Apa sih sebenarnya “Beauty Photograpy” itu? 


Nah, kalaulah Sobat masih belum terlalu “ngeh” dengan aliran yang satu ini, ada baiknya Sobat bergabung dengan dengan saya, karena saya juga ternyata sama sekali belum paham dengan genre yang satu ini. Untunglah, ada banyak sekali fotografer dengan level “ahlinya-ahli”, yang mau berbagi ilmunya. Dan inilah penuturan mereka (secara singkat tentunya) mengenai “Beauty Photography”, silahkan disimak ya Sob.

Sebenarnya ada banyak sekali “tafsiran” tentang beauty shot dalam fotografi, dan sebagian besar penafsiran tersebut bersifat kontekstual. Menurut kamus Merriam-Webster, beauty shot bisa diartikan secara “leterlijk” sebagai: “A shot or scene that emphasizes someone’s or something’s beauty or attractive aspects or qualities” (Foto atau video yang memperlihatkan aspek yang atraktif atau kualitas kecantikan dari seseorang atau sesuatu). Dan penafsiran tersebut bolehlah dibilang sebagai penafsiran yang paling "mendekati kebenaran" untuk menggambarkan apa itu “Beauty Shot”.

Portrait dalam Hitam Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

Dalam fotografi sendiri, beauty shot bisa dikerucutkan pada portrait yang harus masuk dalam portofolio model. Menampilkan wajah model dengan jelas, dalam setengah badan atau headshot (alias foto diarea wajah). Namun peruntukkan beauty shot dengan subjek foto manusia, juga bisa merujuk pada kebutuhan foto untuk komersial atau editorial.

Demikianlah Sobat, penuturan tentang “Beauty Photography” di bagian pertama. Dan penuturan ini akan saya sambung ke ocehan yang kedua, dengan judul: “Beauty Photography (Atawe Foto yang Mengusung Kecantikan), Satu Aliran dalam Fotografi, dan Penuturannya (Cerita Bagian Kedua)”, semoga Sobat bisa tercerahkan karenanya.

Tetap Sehat, Tetap Semangat.

Salam jepret selalu.

Sumber:

Beberapa sahabat fotografer tulen
(Penuturan dengan warna beberapa gelas kopi dan belasan batang rokok)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar