Rabu, 10 Agustus 2016

TIPS FOTO HITAM PUTIH...

Ciledug, Kamis, 10 Agustus 2016

Salam jepreto para sohib jepret sekalian, kali ini saya akan membahas seputar tips dan trik untuk foto dengan format hitam putih, suatu aliran fotografi yang sangat familiar dikalangan penikmat fotografi. Fotografi hitam putih memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh tipe aliran lain, fotografi jenis ini punya "kekebalan" terhadap terpaan waktu, menjadikan foto jenis ini lebih bernilai artistik sekaligus klasik, mendominankan karakter dari si obyek foto, sekaligus memancarkan "aura" historis dalam setiap framenya. Alasan-alasan inilah yang membuat banyak fotografer lebih memilih untuk "menghitamputihkan" karyanya, ketimbang menampilkannya dalam bentuk warna.



Berikut adalah 5 tips supaya foto hitam putih yang dihasilkan menjadi lebih baik.

1. Potretlah dalam format warna
Kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Untuk itulah, foto hitam yang dihasilkan dari pengolahan foto warna menggunakan photo editor di komputer akan cenderung lebih baik kualitasnya. Karena mode BW di dalam kamera tidak menawarkan banyak pilihan. Saat menggunakan mode RAW dan BW bersamaan dalam kamera, tampilan di LCD kamera tentu hitam putih, tetapi sebenarnya tidak berpengaruh pada file RAW (tetap berwarna). Terlebih jika menggunakan RAW + JPEG, kamu akan mendapatkan fleksibilitas ekstra.


2. Setting ISO Serendah Mungkin
Noise (bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda) akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih dibanding dalam foto berwarna. Gunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto diproses nantinya, noise bisa diminimalkan. Tidak hanya dalam memotret hitam putih, setiap memotret selalu gunakan ISO terendah kecuali jika kamu ingin mendapatkan shutter speed yang tinggi atau efek grain dengan sengaja.


3. Mendung adalah Saat Terbaik
Adanya mendung akan membuat kontras lebih rendah dan ini adalah saat terbaik untuk membuat foto hitam – putih. Kamu tidak akan terlalu peduli dengan warna langit yang abu – abu, toh dalam foto hitam putih tidak akan terlalu terlihat.


4. Eksploitasi Tekstur, Pola dan Garis
Dalam foto hitam putih, tekstur – pola dan garis akan lebih terlihat menonjol dan semakin menarik. Untuk itu eksploitasi-lah jika kamu menemukan adanya komponen tersebut. Dengan memotret hitam putih, tentu kamu sudah menghilangkan unsur warna lainnya, sehingga untuk menjadikan foto yang menarik dibutuhkan impact yang lebih.


5. Side Lighting adalah Cahaya Terbaik
Ketika memotret di luar ruangan untuk foto hitam putih, tonjolkan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (side lighting), sehingga jatuhnya bayangan jadi sangat menarik. Side lighting bisa terjadi saat kamu memotret di pagi atau sore hari.


Sudah mengerti bagaimana membuat fotografi hitam putih yang baik? Silakan dicoba dan dapatkan hasil foto hitam putih yang dramatik.

3 komentar:

  1. Mantab, postingan yang menarik dan sangat cool!

    BalasHapus
  2. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  3. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus