Rabu, 31 Maret 2021

Sembilan Tips Memotret Bunga Liar Sambil Bersepeda alias "Gopret"! (Episode bukan hitam putih)


9 Tipe Memotret Bunga Liar
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Rabu, 31 Maret 2021

(Ini catatan yang saya buat di masa pendemi, dimana segala sesuatu jadi kelihatan sulit dan juga terasa menjepit. Semoga pendemi ini cepat berlalu!)

Punya hobi itu adalah hal yang bagus. Apalagi di musim pendemi seperti ini, dimana apa-apa jadi terkesan “susah” dan “berat”, dan salah satu cara supaya otak kita tetap bisa terjaga “kewarasannya” adalah dengan menyalurkan hobby (tentunya hobby yang ga terlalu menguras biaya, tidak berpotensi menyebarkan pendemi, dan sangat pas kalo dikombinasikan dengan kegiatan kita sehari-hari)

9 Tipe Memotret Bunga Liar
trisoenoe.com

Nah, salah dua dari hobby yang bakal kita ulas sekarang adalah “mancal pit” alias gowes dan motret. Hobi gowes sambil jepret ("gopret") menurut saya sangat cocok dan ciamik kalau dipadukan. 

Bagaimana tidak ciamik? Sambil berolahraga bersepeda keluar masuk kampung, persawahan, hutan beton, hutan kota, gang-gang sempit, kuburan, petilasan, sampai dengan jalan raya, kita juga bisa sambil hunting, siapa tahu ada obyek menarik yang bisa jadi target selanjutnya. 

Dan enaknya lagi adalah, kalau kira-kira di jalan ada target yang potensial dan layak untuk dijadikan “korban” jepretan, langsung deh bisa berhenti, keluarkan kamera, pasang kuda-kuda dan melakukan eksekusi tanpa perlu malu-malu. 

Seperti kata pepatah, sambil menyelam, minum kopi, artinya, olahraganya dapet, hobi memotretnya pun juga keudak.

Jenis subjek foto yang terlihat simpel dan banyak ditemui pada saat "gopret" adalah bunga atau pohon-pohon liar yang berada di tepi jalan. Kalau dilihat secara sepintas kadang kelihatan biasa saja, tetapi kalau mau dieksplorasi lebih serius, ternyata, bunga-bunga di tepi jalan itu dapat menghasilkan foto yang ciamik lho.

9 Tipe Memotret Bunga Liar
trisoenoe.com

Nah, berikut ini ada sembilan tips untuk memotret bunga di tepi jalan. Cekidot ya Sob:


1. Pastikan posisi memotret kita aman dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

2. Pastikan kalau Sobat sudah membawa sepeda, dan juga sudah membawa kamera. Karena, kalau Sobat hanya bawa sepeda saja, itu artinya ya Sobat cuma naik sepeda. Kalau cuma bawa kamera saja, itu artinya Sobat cuma memotret, dan bukan bersepeda sambil memotret! 
Jadi ingat ya Sob, bawa keduanya!

3. Cuek, ga usah pikirin orang lain dan tidak perlu malu apabila Sobat jadi tontonan orang yang lalu-lalang (selama Sobat berpakaian lengkap dan bukan telanjang bulat, ga masalah tokh!)

9 Tipe Memotret Bunga Liar
trisoenoe.com

4. Gunakan fitur macro, karena kebanyakan jenis pohonnya adalah semak dengan bunga yang relatif kecil.

5. Sebaiknya memotret di pagi hari, karena dipagi hari, bunga masih relatif segar dan sedikit berembun. Kalau Sobat memotretnya pas malam hari, agak sedikit riskan. Selain suasana sudah gelap, jangan-jangan, si “pemilik” kembang juga ikut kejepret…Duh, cilaka kalo begitu!

6. Berkreasilah dengan arah cahaya. Coba fokus pada “back lighting”. Hasil foto akan lebih dramatis, apabila arah cahaya datang dari depan kamera.

7. Jangan pakai lampu kilat. Tanpa lampu kilat, justru akan sangat membantu Sobat untuk berkreasi dan menambah variasi arah cahaya pada hasil foto.

9 Tipe Memotret Bunga Liar
trisoenoe.com

8. Jepretlah dengan berbagai mode dan juga berbagai teknik pencahayaan dan ukuran…jangan cepet puas hanya dengan sedikit foto.

9. Segera Sobat lakukan dan lakukan! Karena kalau tips ini hanya dibaca doang, Sobat tidak akan pernah bisa menghasilkan foto yang ciamik …hehehe.

Nah, itulah dia Sobat, sembilan tips yang bisa diterapkan untuk memotret sambil menggowes pit. 

Semoga artikel ini bisa berguna bagi Sobat sekalian. 

Dan ingat, tetap sehat, tetap semangat, dan selalu Ingat Pesan Ibu.

Salam jeret selalu ya Sob!

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar