Kamis, 25 Maret 2021

(Unggah-Ungguh) Atawe Etika dalam Fotografi (Tulisan Episode Ketiga)


Art Model Photography
trisoenoe.com

Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis, 25 Maret 2021

Masih dalam konteks memenuhi janji saya sebelumnya, ini adalah sambungan dari artikel yang saya tulis sebelumnya dengan judul:"(Unggah-Ungguh) Atawe Etika dalam Fotografi (Tulisan Episode Kedua)". So, silahkan dibaca ya Sob, semoga berkenan.

Kalau sebelumnya, kesalahan yang dibahas adalah "Mood" dan "Kemampuan komunikasi dengan target jepretan", maka kali ini yang akan dibahas adalah etika jeprat-jepret berupa "Bagi-bagi hasil jepretan!" dan "Kemampuan komunikasi dengan target jepretan". Dan ini adalah penjabarannya:

Portrait Photography
trisoenoe.com

Bagi-bagi hasil jepretan!


Saya yakin, ini sering terjadi, dimana Sobat kehabisan model, dan akhirnya maksa-maksa temen untuk jadi modelnya.  Pertimbangannya, selain gratis kita juga gampang berkomunikasi dengannya untuk memperoleh hasil jepretan yang kita inginkan. Hal yang acap terjadi adalah, jika kita memfoto model yang gratisan (teman atawe kenalan) kita sering lupa berbagi hasil foto dengan si momod tadi. Padahal, dengan memberikan hasil jepretan kita, itu adalah bentuk rasa terimakasih kita padanya yang sudah susah payah berpose menjadi model. 

Street Photography
trisoenoe.com

Juga berlaku jika Sobat saat memotret dengan tema human interest atau street photograph. Jangan terlalu pelit. Misal, kalau Sobat memotret ibu-ibu penjual sayur seperti kasus diatas, belilah barang yang dia jual sedikit saja meskipun Sobat tidak memerlukannya. Jangan asal jeprat-jepret lalu sobat berlalu begitu saja, ndak sopan Sob. Sekedar sapa, lalu belilah dagangannya barang sedikit, lalu sambung cerita-cerita, lalu ajukan pertanyaan, apakah dia bersedia untuk dipotret atau tidak. Kalua dia bersedia dipotret, maka langsung saja dijepret. Kalua dia tidak bersedia, yah, paling tidak, sobat kan sudah belanja, jadi bisa masak dan bikin food photography!

Human Interest Photography
trisoenoe.com

Kalo bisa, jangan jepret rame-rame!


Ini juga sering terjadi, dimana satu model dikeroyok rame rame oleh 10 fotografer atau lebih. Sumpah, ini adalah hal yang serem banget! Sobat bakal susah mendapatkan angle terbaik dan terganggu dengan fotografer lainnya. Lampu blitz yang datang bertubi-tubi akan mengkacaukan metering Sobat bila kalau kamera Sobat disetting dalam posisi manual. Belum lagi ajang untuk pamer gadget diantara para fotografer yang sangat tidak mengenakkan. Percayalah sangat membuat ciut nyali bila Sobat melihat gadget orang lain lebih canggih dari milik Sobat. Di sisi lain, model Sobat akan merasa menjadi “perawan di sarang penyamun”.

Candid Photography
trisoenoe.com

Bagi Sobat penikmat potret atau hobi memotret model, ada baiknya berkomunikasi dengan baik. Karena sering terjadi model yang baru bermunculan masih kaku dalam berpose. Lebih baik Sobat berkenalan dahulu dan melakukan pendekatan secara personal tanpa membicarakan tentang pose. Buatlah model tersebut merasa nyaman dengan Sobat, sehingga pada saat sesi pemotretan, Sobat tidak canggung mengatur pose dan sebaliknya, model juga akan merasa nyaman dalam berpose. 

Alhasil, Sobat akan mendapatkan pose dan foto yang bagus, hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak bukan…? Ingat jaga kesopanan Sobat, sikap dan perkataan tidak perlu berlebihan. Nah, bagi Sobat yang suka dengan foto landscape, human interest melakukan pendekatan ke penduduk atau masyarakat sekitar sangat penting. Karena hal ini akan membuat mereka juga merasa senang dianggap sebagai pemilik wilayah.


Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar