Senin, 03 Juni 2024

5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Coretan Bagian Kedua)


Menapak Senja Bersama
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 3 Juni 2024

Pada coretan bagian kedua ini, saya akan menjabarkan tentang langkah kedua yang bisa dipakai untuk menghasilkan foto siluet yang ciamik. Supaya Sobat bisa mengerti tanpa ada pusing kepala dan tanpa perlu menerka-nerka, silahkan Sobat membaca bagian pertama alias bagian sebelumnya yang berjudul: “5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Tulisan Bagian Pertama)". Dan Coretan ini adalah sambungan dari tulisan pertama tadi, silahkan disimak:

Merenung, Menunggu
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

2. Jangan Ragu untuk Menggunakan Lampu Latar

Menggunakan cahaya latar adalah elemen kunci dalam memotret siluet. Cahaya latar menciptakan garis kontras yang kuat antara subjek dan latar belakang. Subjek tampak sebagai bentuk yang gelap dan tidak berbentuk dengan latar belakang yang cerah dan sering kali berwarna. Kontras ini menjadikan siluet yang dipotret kelihatan mencolok dan dramatis secara visual.

Saat menggunakan lampu latar, penting untuk mengingat beberapa hal. Pertama, dan ini tidak perlu dikatakan lagi, sumber cahaya harus berada di belakang objek yang Sobat jepret, bukan di depannya. Ini akan memastikan bahwa subjek Sobat memiliki cahaya latar dan tidak terlalu terang (Kalau masih belum paham juga dengan konsep ini, itu artinya Sobat benar-benar kebangetan!).

Bayang Senja
Fotografi Siluet - trisoenoe.com

Bila Sobat memotret siluet di luar ruangan, hindari memotret di tengah hari. Yang terbaik adalah memotret saat matahari sedikit lebih rendah. Penting juga untuk menggunakan sumber cahaya yang kuat untuk menciptakan kontras yang diperlukan untuk siluet. Matahari adalah pilihan yang bagus untuk fotografi siluet alam, namun Sobat juga dapat menggunakan jendela terang untuk fotografi siluet di dalam ruangan.

Pertimbangan lain ketika menggunakan lampu latar adalah sudut sumber cahaya. Tergantung pada posisi matahari atau sumber cahaya lainnya, Sobat mungkin perlu menggeser subjek untuk menemukan sudut terbaik terhadap cahaya latar. Misalnya, jika matahari tepat di belakang subjek, Sobat mungkin perlu berpindah ke satu sisi atau sisi lainnya untuk menciptakan gambar yang lebih menarik dan dinamis.

Penting juga untuk mempertimbangkan intensitas cahaya latar. Kalau sumber cahaya terlalu kuat, subjek yang Sobat potret bakal terlihat terlalu gelap dan kurang detail. Kebalikannya, kalau sumber cahaya terlalu redup alias remang-remang, siluetnya bisa jadi malah kurang terlihat. Sobat sebaiknya coba-coba saja dengan berbagai kondisi pencahayaan dan sesuaikan pengaturan eksposur Sobat untuk menemukan setelan yang harmonis dan ciamik antara cahaya latar dan detail.

Demikianlah para Sobat yang tersayang, tulisan yang menjabarkan tentang 5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Coretan Bagian Kedua). Dan coretan saya di atas akan saya sambung lagi ke bagian ketiga dengan judul: “5 Langkah Sederhana Untuk Bikin Foto Siluet Yang Memukau (Goresan Bagian Ketiga)”, semoga Sobat jepret boleh sedikit bahagia karenanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti penuturan "orang yang tidak bijak"; “Tertawa bisa jadi obat terbaik. Tapi kalau Sobat terus tertawa tanpa alasan yang jelas, mungkin Sobat butuh obat."

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Catatan: Fotografi siluet tidak harus selalu ditampilkan dalam ranah hitam dan putih saja. Terkadang, siluet yang ditampilkan dengan atmosfer yang kaya warna dapat terlihat lebih menarik sekaligus berbeda)

Tag:
#Fotografi, #Tips Fotografi, #Siluet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar