Sabtu, 14 Mei 2016

Genre atawe aliran di dalam fotografi...Bagian 1


Dark Sunset
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Sabtu, 14 Mei 2016

Sobat, jika Sobat saat ini lagi asyik belajar tentang fotografi, mungkin Sobat akan sesering mungkin menyempatkan diri untuk "jeprat-jepret" pakai kamera Sobat. Tapi apa Sobat mengetahui, kalau di dunia ini ternyata terdapat genre fotografi atau aliran yang membedakan sebuah karya foto?

Nah, kalau Sobat belum tahu, jangan kecil hati ya Sob, dalam artikel yang sambung-menyambung ini, saya mau coba kasih tulisan tentang 16 Genre atawe Aliran Fotografi yang yang kayaknya, harus Sobat ketahui sebelum Sobat terjerumus lebih jauh dalam jurang fotografi.

Ya sudah, tanpa berpanjang lebar, yuk bareng-bareng kita bahas mengenai apa saja genre atawe aliran fotografi yang dapat dipelajari. Tujuannya? Ya supaya kita dapat menciptakan karya foto yang luar biasa dan mampu memanjakan mata para penikmat foto-foto yang kita hasilkan.

Nah, ini dia Sob, aliran-aliran dalam fotografi tersebut;

Human Interest Photography
trisoenoe.com

1. Human interest photography

Human interest photography merupakan satu aliran, atau genre foto yang menggunakan manusia sebagai objek utama dalam foto. Dalam foto human interest, si fotografer akan berusaha untuk mendapatkan momen, dimana seseorang sedang melakukan aktivitas yang mampu memberikan kesan empati bagi siapapun yang melihat karya foto tersebut.

Street Photography
trisoenoe.com

2. Street photography

Aliran ini memang mirip-mirip alias sebelas dua belas dengan  Human interest photography, dalam fotografi street Sobat bisa mengambil foto dari aktivitas keseharian seseorang yang terjadi di jalanan, tetapi tidak dituntut untuk menonjolkan kesan empati kepada penikmat foto tersebut.

Journalism Photography
trisoenoe.com

3. Journalism photography

Kalau Sobat tertarik untuk berkecimpung dan mendalami genre foto jurnalistik, maka Sobat harus mampu menciptakan karya foto yang memiliki cerita, atau dapat memaparkan kejadian yang terjadi di dalamnya. Agak berbeda dengan aliran lain dalam fotografi, karena genre ini merupakan bagian dari jurnalistik, maka setiap karya yang Sobat ciptakan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, ga boleh sembarangan atau asal, apalagi kalau maknanya bias.

Portrait Photography
trisoenoe.com

4. Portrait photography

Kalau genre fotografi yang satu ini, sepertinya Sobat sudah pada paham deh. Dalam fotografi portrait, Sobat dapat menangkap momen baik seseorang maupun kelompok dengan menonjolkan ekspresi wajah mereka. Oleh karena genre fotografi ini lebih menonjolkan ekspresi dan mood seseorang, maka kebanyakan foto semacam ini diambil dengan komposisi  close up (Apa itu fotografi Close Up? nah, sabar ya Sob, nanti saya akan coba menulis, tentang apa itu fotografi Close Up).

Segitu dulu ya Sob, soalnya, akan terlalu panjang kalau saya tulis semua ke 16 aliran silat, maaf, maksud saya, aliran fotografi tersebut dalam satu artikel postingan. Jadi, supaya yang membaca tidak bosan, maka akan saya pecah jadi 4 postingan, dan ini adalah artikel bagian pertama.

Sambungannya, alias artikel bagian ke-2, silahkan klik di sini ya Sob. 

Tetap jaga kesehatan ya Sob, dan tetap semangat.

Ingat pesan Ibu.

Salam jepret!

2 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus