Selasa, 09 Agustus 2016

MAKNA (BERTAHAN) HIDUP UNTUK SEBAGIAN ORANG!



Radio Dalam, Jakarta, 8 September 2016 

Semalam, saya benar-benar kebanyakan minum kopi. Dan efeknya udah ketebak Sob, saya benar-benar nggak bisa tidur! 

Daripada saya bingung dan iseng nggak karuan karena melek tak berkesudahan, saya putuskan untuk membongkar file foto-foto lama saya, sambil didelete foto-foto yang buat hati saya kurang berkenan. Lumayan juga, setelah cuci Gudang foto-foto tersebut, saya bisa hemat ruang di hardisk untuk simpan calon foto yang lain (yang entah kapan bisa saya jepret lagi!). 

Dan pas lagi asik memilah-milah, ketemu deh sama foto-foto ini, foto yang menurut saya, sangat mewakili sebagian (besar) penduduk Indonesia.


Sumpah Sob, saya sempat tercenung melihat foto-foto ini. Saya sedih sekaligus kagum dengan mereka. 

Sedih, karena saya miris melihat kondisi mereka yang boleh dibilang, serba “apa adanya (saya tak sampai hati kalau harus mengatakan “kekurangan”). 

Tapi, saya juga sangat kagum dengan mereka. Mereka masih bisa menyempatkan sesekali dalam kesehariannya, menyisipkan senyum dan tawa, walau untuk sejenak. 

Mereka bisa menjalani hidup dengan sangat indah. Bagi mereka, bertahan hidup adalah makna sebenarnya dari hidup itu sendiri! Tanpa perlu cengeng, tanpa perlu merasa dikasihani.

Orang-orang seperti ini mungkin adalah orang yang memiliki kebahagiaan dalam arti yang sebenarnya. Kebahagiaan yang datang karena mengisi dan memaknai hidup dengan cara yang paling mulia…

Bersyukur! 

Mereka mampu bersyukur karena mereka mampu mengenali dan memisahkan antara "keinginan" dan "kebutuhan"! 

Ya, memisahkan mana yang kebutuhan dan mana yang jadi keinginan. Satu hal yang ternyata sangat sulit dilakukan oleh sebagian besar dari kita, yang kadang menilai dan memperlakukan "keinginan" sebagai "kebutuhan", dan berusaha keras untuk mendapatkan keinginan (yang dianggap sebagai kebutuhan) tersebut.

Dan yang lebih runyam lagi...Sebagian orang akan berusaha untuk mewujudkan Kebutuhan (keinginan) tersebut…"dengan segala cara"!


Nah Sobat, Coba lihat mereka, dan bandingkan dengan diri kita....Masih nggak mau bersyukur?

Salam hormat, untuk mereka semua, karena sudah memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk saya.

Bersyukur!

Selamat pagi Sob (ternyata pagi sudah menjelang), dan selamat beraktifitas.

3 komentar:

  1. Hasil karya yang sangat menarik serta menambah wawasan! Dan juga foto-foto yang luar biasa....Great Job!

    BalasHapus
  2. Lumayan bagus....mantab lah mas ! Ditunggu karya lainnya...4 Jempol!

    BalasHapus