Sabtu, 04 Maret 2023

Beauty Photography (Atawe Foto yang Mengusung Kecantikan), Satu Aliran dalam Fotografi, dan Penuturannya (Renungan Bagian Ketiga)


Portrait dalam Hitam dan Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sabtu, 4 Maret 2023

Apa kabar rekan-rekan Sobat jepret semuanya. Mohon ijin untuk menyambung khayalan saya sebelumnya, yang mengulas tentang Beauty Photography (Atawe Foto Cantik). Dan supaya Sobat dapat pusing dengan lebih dahsyat, ada baiknya Sobat mampir dan membaca tulisan saya pada postingan sebelumnya yang berjudul: "Beauty Photography (Atawe Foto Cantik), Satu Aliran dalam Fotografi, dan Penuturannya (Cerita Bagian Kedua)". Tulisan ini adalah obrolan bagian yang penghabisan, silahkan disimak:

2. Peran penting model

Pada beberapa kasus, pemilihan model yang tepat untuk beauty shot akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pemotretan hingga mendapatkan foto beauty yang memuaskan. Walaupun demikian, ada kalanya sang fotografer tidak memiliki “kekuasaan” untuk memilih modelnya (biasanya pada kasus, dimana model sudah ditentukan oleh brand (misal brand ambassador).

Portrait dalam Hitam dan Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

3. Pencahayaan yang pas dan sesuai

Memang tidak perlu teknik memotret yang eksperimental, tapi fotografer yang ingin memotret beauty shot pastilah paham lighting. Baik natural ataupun artifisial. Pemanfaatan dan penggunaan lighting saat pemotretan akan menentukan hasil akhir foto beauty.

Portrait dalam Hitam dan Putih
Beauty Photography
trisoenoe.com

4. Tidak terlalu bergantung pada digital imaging

Walaupun saat ini banyak sekali program editing foto, yang sanggup merekayasa foto hingga semakin cantik dan semakin “fantastis”, fotografer yang tulen tidak akan seratus persen bergantung pada program-program tersebut. Fotografer yang idealis akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat jepretan asli yang paling baik dan layak. Dengan hasil foto yang maksimal, pastinya hanya perlu sedikit sentuhan digital imaging untuk memperhalus hasil foto.

Demikianlah Sobat jepret, penuturan saya tentang “Beauty Photography”, yang saya bagi menjadi tiga bagian artikel. Semoga bisa bermanfaat sebagai bahan obrolan saat ngopi.

Sumber:

Beberapa Sobat fotografer yang nyambi sebagai seniman tulen
(Celoteh yang baru bisa mawujud dengan sesaji berupa beberapa gelas kopi dan belasan batang rokok, dan tambahan berupa mie instant rebus lengkap dengan telor serta kerupuk)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar