Rabu, 29 Juni 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Ketiga)


Fotografi Hitam-Putih
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Rabu, 29 Juni 2022

Apa kabar Sobat jepret di seantero jagat raya? Semoga baik-baik saja ya semuanya. Tulisan kali ini saya persembahkan untuk meneruskan artikel yang sudah tayang sebelumnya. Supaya Sobat dapat mengerti alurnya, silahkan mampir dan baca cerita bagian keduanya, dengan judul; "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Kedua)". Dan sebagai kelanjutannya, inilah artikel bagian ketiga:

2. Tentukan tema blog Sobat dan tetaplah setia pada tema tersebut. 

Ini merupakan hal yang sangat penting, jika Sobat menginginkan blog Sobat berisi konten fotografi, teruslah bertahan pada "fitrah" di fotografi. Jangan hanya karena suasana hati sedang galau, lalu Sobat langsung berubah tema blog itu dan mengisinya dengan hal-hal yang berbau sedih dan mendayu-dayu. Atau tiba-tiba Sobat malah merubah blog Sobat secara frontal menjadi blog kuliner atau bahkan mengubahnya secara radikal menjadi blog yang berisi cara menerka angka togel.

Buat blog Sobat saling berkaitan dengan sosial media yang lain. Salah satu yang paling sukses mendorong popularitas blog pribadi adalah sosial media. Apa pun yang dibicarakan di sini akan cepat menjadi pembicaraan banyak orang dan juga cepat dilupakan. Ambil keuntungan dari mudahnya media sosial dalam hal menyebarkan isu. Selalu update media sosial Sobat jika Sobat telah memperbarui konten blog. Secara otomatis maka blog Sobat akan makin banyak yang mengunjungi.

Lakukan update dengan konsisten. Ketika konten Sobat sedang dalam fase yang ciamik, tetapi secara isi tidak banyak penambahan artikel yang baru, itu adalah pertanda bahwa blog sobat akan ditinggalkan oleh pembacanya. Sebaliknya, konten yang sering di update, akan membuat pembaca blog Sobat semakin banyak. Apalagi jika konten yang Sobat miliki adalah konten yang bukan kelas kacang alias kaleng-kaleng, ini akan membuat update dari blog Sobat ditunggu oleh banyak orang.

Fotografi Hitam-Putih
trisoenoe.com

Jalin komunikasi dengan pembaca, dan jangan lupa, blog bukan alat komunikasi satu arah saja. Blog adalah media massa, yang memungkinkan Sobat berkomunikasi dengan banyak orang, dan dalam cakupan yang seluas-luasnya. Akan menjadi sangat menjemukan jika blog Sobat hanya bicara satu arah saja alias monolog. Rajin-rajinlah untuk membalas respons atau komen yang diberikan oleh orang yang mengunjungi blog Sobat. Ini akan membuat yang pada mampir bakal lebih tertarik lagi untuk berkunjung ke blog yang Sobat miliki, karena secara tidak langsung, dengan membalas komentar, berarti Sobat memberi perhatian kepada orang-orang yang mampir tersebut.

Jika Sobat ingin sukses di dunia fotografi saat ini, blog adalah hal penting. Kalau Sobat tidak memilikinya, cepatlah buat karena buat saat ini, bikin blog itu zonder bayar alias gratis. 

Jadi tunggu apa lagi?

Segera lakukan, dan jangan buang-buang waktu!

Sobat, cerita di atas adalah cerita bagian ketiga, dan supaya lebih seru, cerita tersebut akan disambung ke bagian keempat, dengan judul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Celoteh Bagian Keempat)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.
Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam
Beberapa sumber lain (yang ternyata ogah untuk disebutkan namanya)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar