Sabtu, 02 Juli 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Celoteh Bagian Keempat)


Penjual Mainan Tradisional
Street Photography
trisoenoe.com

Pantai Indah Kapuk, jakarta Utara, Jakarta, Sabtu, 2 Juli 2022

Selamat hari Sabtu Sobat jepret semuanya. Apa kabar Sobat hari ini? Semoga Sobat semua waras ya!

Artikel yang sekarang ini saya tulis untuk menyambung artikel yang sudah tayang sebelumnya. Supaya Sobat dapat mengerti alurnya, silahkan mampir dan baca cerita bagian ketiganya, dengan judul; "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Cerita Bagian Ketiga)". Dan sebagai kelanjutannya, inilah artikel bagian keempat:

Kalau pada tulisan-tulisan sebelumnya, yang diulas adalah bagaimana menyebar hasil karya Sobat melalui media dengan cara membuat blog pribadi, maka kali ini yang akan kita bahas adalah:

Menikmati Banjir!
Street Photography
trisoenoe.com

B. Gunakan Media Sosial Secara Baik

Selain blog, hal yang harus Sobat lakukan adalah "mempercantik" lagi media sosial yang Sobat miliki. Ini adalah investasi Sobat untuk mendapatkan publisitas lainnya. Media sosial bisa dijadikan salah satu pemicu bagi orang lain agar berkunjung ke blog milik Sobat. Semakin banyak jumlah kawan yang Sobat miliki, maka akan semakin besar kemungkinan orang yang berkunjung ke blog pribadi Sobat.

Kalau jaman dahulu, orang bertukar kartu nama, saat ini tampaknya sudah cukup dengan bertukar akun Facebook, Twitter atau Instagram, dan lain sebagainya. Media Sosial yang Sobat punya adalah gudang kartu nama calon klien dan klien potensial Sobat. Jadi, mulailah untuk menyortirnya dengan baik. Memanfaatkan media sosial itu kelihatannya mudah, tetapi sebenarnya cukup sulit. Bahkan beberapa perusahaan besar yang jor-joran anggaran dalam jumlah yang fantastis di sini hanya untuk menyuruh seseorang mengurus akun Twitter atau Facebook resminya.

Arahkan teman-teman Sobat di media sosial untuk berkunjung ke Blog Sobat, minimal beberapa kali. Tapi selalu posisikan mereka sebagai teman, bukan sebagai objek. Jangan main paksa mereka, lebih baik sugestikan saja bahwa mereka akan mendapatkan experience baru ketika membaca blog yang Sobat miliki. Perluas juga jaringan Anda dengan orang satu profesi, akan lebih baik jika Sobat mengenal lebih banyak fotografer lagi di dalam Facebok atau Instagram milik Sobat. Ini akan memberikan jaringan lain dan juga koneksi lain yang lebih luas.

Daun - Bunga !
Miksang Photography
trisoenoe.com

Yang perlu diingat, setiap media sosial memiliki karakter yang berbeda. Jadi, untuk mendapatkan jaringan di dalamnya, kita harus melakukan pendekatan dengan "bahasa" yang berbeda juga. Twitter misalnya, kita akan sulit untuk menjelaskan sesuatu dengan panjang kali lebar, karena "cuitan" di twitter dibatasi 140 kata (jadi, segala macam rayuan gombal dilaarang keras, karena terlalu panjang, wkwkwk). Ini membuat kita harus menyampaikan sesuatu dengan padat, tepat, dan juga mudah dimengerti. Berbeda dengan Facebook yang memungkinkan kita menulis hingga tiga paragraf dalam sebuah status. Bahkan, kita bisa berlama lama mengobrol dengan orang yang kita inginkan melalui menu chatting yang mereka miliki.

Media sosial adalah kekuatan yang tidak dapat dipungkiri saat ini memegang kendali atas banyak hal di dunia. Banyak hal yang bisa Sobat lakukan lewat media sosial. Jika sekelas revolusi di Mesir saja bisa dilakukan dan disebar-luaskan lewat Twitter, mengapa blog Sobat tidak?

Sobat, cerita di atas adalah cerita bagian empat, dan supaya Sobat bisa lebih pusing lagi, cerita tersebut akan disambung ke bagian kelima, dengan judul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Potongan Bagian Kelima)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa terhibur.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam
Beberapa sumber lain yang malu-malu dan tidak ingin disebutkan

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar