Sabtu, 10 September 2022

Komposisi Statis, Suatu Komposisi yang Menarik, Bukan Suatu Komposisi Yang Harus Dihindari! (penuturan bagian pertama)


Bunga!
Disajikan dalam komposisi statis
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Sabtu, 10 September 2022

Bagi Sobat yang punya kesukaan dalam hal jepret-menjepret alias memotret, pastinya sudah sangat paham, tentang apa itu komposisi dalam fotografi. Walaupun dalam hal definisi, tiap-tiap orang akan punya pendapat yang berbeda pula mengenai definisi komposisi ini, definisi dalam hal filosofi tentunya. Menurut seorang “Maestro” fotografi yang sudah sangat kesohor, yang bernama Arbain Rambey, komposisi fotografi itu adalah: “Masalah menempatkan berbagai benda yang terpotret dalam bingkai fotonya. Bagus tidaknya komposisi sebuah foto sangat tergantung kebutuhan pada foto itu sendiri. Komposisi bisa dibuat dengan mengatur benda yang akan dipotret, atau mengatur angle (sudut pengambilan) dan pilihan lensa untuk obyek pemotretan yang tak bisa diatur”. 

Ada juga yang menuturkan berdasarkan sudut pandang yang lain, seperti yang dikatakan oleh kebanyakan Sobat saya. Komposisi fotografi itu adalah cara menata elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen ini melingkupi elemen dasar dalam fotografi, yaitu garis, bentuk, form, warna, terang dan gelap. 

Walaupun penjabarannya beragam, tetapi semuanya sepakat, bahwa komposisi dalam dunia per”fotografi”an itu adalah hal yang mutlak ada alias tidak terpisahkan. Komposisi itu seperti “Bahasa” yang digunakan oleh fotografer saat bertutur melalui foto.

Menuju Lautan
Disajikan dalam komposisi statis
trisoenoe.com

Lalu, komposisi dalam fotografi itu apa saja?

Wah, banyak sekali Sob! Kalaupun saya nekat untuk bercerita kepada Sobat tentang apa itu komposisi, itu bakal lama sekali. Sampai botak sekalipun, belum tentu bisa kelar ceritanya. Jadi Sobat, kita bicara pendek-pendek saja ya, supaya saya masih ada sisa sedikit rambut di kepala saya.

Nah, sekarang, saya mau sedikit berceloteh tentang komposisi statis.

Benar sekali Sob, komposisi foto itu sebagian ada yang dinamis, dan ada juga yang statis. Kebanyakan fotografer punya keyakinan kalau komposisi statis perlu dihindari supaya hasil jepretan bisa berkesan dinamis dan hidup. 

Pertanyaannya, apakah keyakinan seperti itu benar secara mutlak? 

Bunga!
Disajikan dalam komposisi statis
trisoenoe.com

Belum tentu Sob. Seperti yang sudah saya tulis dalam tulisan saya yang lalu-lalu, fotografi itu bukanlah matematika, dimana segala sesuatu itu harus eksak dan mutlak. Fotografi itu urusan nadanya hati dan lantunan jiwa, jadi model "pikir-pikir ala matematika" harus dikesampingkan kalau sudah bicara tentang hati dan jiwa. Untuk itu, coretan saya kali ini akan coba bertutur tentang komposisi statis yang bisa juga menjadi nada yang apik dalam foto, dan menyuguhkan hasil jepretan yang ciamik.

Demikianlah Sobatku yang tersayang, penuturan bagian pertama, dan saya akan menyambung dengan artikel selanjutnya, yang berjudul: "Komposisi Statis, Suatu Komposisi yang Menarik, Bukan Suatu Komposisi Yang Harus Dihindari! (penuturan bagian kedua)", semoga Sobat Jepret dimanapun bisa turut menderita karenanya.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Dirangkum dari berbagai sumber, ditambah dengan penuturan dari beberapa orang sahabat fotografer (tentu saja harus dirayu dengan rokok dan kopi serta dibumbui dengan gorengan ala kadarnya)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar