Minggu, 17 Juli 2022

Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Celoteh yang Penghabisan)


Bunga!
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 17 Juli 2022

(Covid mungkin telah berlalu, tapi kok rasanya segala sesuatu jadi lebih susah dibandingkan dengan saat Covid merajalela. Rokok mahal, kopi susah, dan harga gula jadi seperti khayalan.)

Apa kabar duhai para Sobat jepretku di kolong langit. Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya, postingan ini adalah manifestasi dari ancaman saya sebelum-sebelumnya. Dan agar Sobat bisa paham, silahkan Sobat baca ocehan saya sebelumnya yang berjudul: "Internet, Dunia Lain yang Ajaib untuk Seorang Fotografer (Gibah Bagian Keenam)". Dan ini adalah celoteh yang penghabisan, silahkan dibaca:

Fotografi Abstrak
(dalam perspektif hitam dan putih)
trisoenoe.com

Lomonesia (Lomography Society Indonesia)

Jika Sobat tertarik dengan kamera keluaran Rusia tersebut, saya sarankan untuk bergabung dengan komunitas ini. Karena dalam komunitas ini Sobat akan terpuaskan secara ilmu dan bahan tentang kamera Lomo. Lomonesia sendiri sudah berusia 5 tahun. Didirikan pada bulan Agustus 2004 dan masih tetap berdiri hingga sekarang. Jika Sobat tertarik buka saja websitenya www.lomonesia.com. Di sini Sobat bisa dengan mengetahui agenda-agenda kegiatan mereka.

Dua Sahabat, Rokok dan Kopi!
Street Photography
trisoenoe.com

Komunitas Fotografi Indonesia

Diungkapkan oleh Jony Sasmito, selaku founder dan juga Ketua di KFI, bahwa komunitas ini didirikan pada tanggal 29 Juni 2011 silam.
Iapun mengisahkan, awal mulanya mendirikan Komunitas Fotografi Indonesia didorong rasa mirisnya karena kerap melihat foto – foto keindahan alam (landscape) Indonesia, namun yang memotret adalah fotografer luar negeri.

“Saat itu saya tergugah, kan di Indonesia banyak fotografer, apa karena tidak ada wadahnya yah?

Akhirnya saya coba untuk membuat komunitas, dengan harapan bisa menyatukan teman – teman fotografer. Dan bisa menjadi wadah bagi fotografer untuk berkembang dan belajar bareng sehingga bisa menjadi fotografer yang handal.” tutur beliau.

Dua Fragmen!
Street Photography
trisoenoe.com

Photo Walk Ramean, komunitas kamera analog

Jika Sobat adalah fotografer pecinta kamera analog dan tertarik untuk berkumpul dan memotret momen menarik, maka Sobat dapat bergabung dalam komunitas ini. Komunitas yang satu ini juga terbentuk dan terjalin atas kebersamaan anggotanya. Komunitas ini bernama Photo Walk Ramean.

Komunitas ini terbentuk pada tahun 2018, ketika Andry Dilindra, selaku pendiri Photo Walk Ramean membuat konten tentang kamera analog di Youtube dan mendapatkan tanggapan yang positif dari netizen.

Akhirnya, terbentuklah komunitas untuk hunting foto bersama dengan menggunakan kamera analog yang pertama kali dilaksanakan di sekitar Jakarta. “Gerobolan” pecinta kamera analog ini lalu sowan ke berbagai spot fotografi trend dengan ‘jalan-jalan bersama’, yang membuat komunitas ini dinamakan ‘Photo Walk Ramean’.

Dari Jakarta, “gerombolan” ini kemudian menggelar acara berburu foto bersama lagi yang dilaksanakan di Bogor, kemudian Tangerang. Mereka tidak sendiri, karena terkadang Photo Walk Ramean juga mengundang komunitas analog lainnya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. 

Pada beberapa kesempatan, Photo Walk Ramean juga mengundang narasumber dari komunitas, fotografer, ataupun pemilik jasa cuci film untuk memberikan edukasi terkait dengan bidang-bidang yang bersangkutan kepada pecinta kamera analog. Komunitas ini juga sering mengadakan giveaway tanpa memungut biaya dari siapapun. Hal-hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik dari komunitas ini.

Abstrak (dalam hitam dan putih)
trisoenoe.com

Komunitas Pencinta Kamera Tua (Analog) 

Komunitas ini lahir karena sebuah thread di fotografer.net yang membahas tentang serba-serbi kamera tua. Ternyata responsnya terbilang banyak. Lalu muncullah ide untuk membuat komunitas ini melalui dunia maya. Komunitas ini adalah komunitas dunia maya. Untuk berkomunikasi mereka menggunakan milis di Yahoo. Jika Sobat tertarik, silakan buka milis KomunitasKameraAnalog. 

Selain aktif berkomunikasi, mereka juga rajin membagikan beberapa foto hasil karya dan foto-foto kamera analog. Ini bisa dilihat di http://www.flickr.com/groups/komunitas kamera tua indonesia. Meskipun kamera tua sekarang sudah jarang digunakan, ini bisa memperkaya pengetahuan Sobat di jagat jepret-menjepret. Dan Sobat juga bisa bereksperimen menggunakan efek dari kamera-kamera seperti ini.

Sobatku yang tersayang, artikel ini adalah bagian yang penghabisan dari tujuh celotehan, gibah, penuturan, dan terserah apapun sebutannya, yang menceritakan tentang betapa hebatnya dunia internet untuk para "toekang poto" seperti saya dan Sobat. Semoga Sobat Jepret dimanapun bisa agak sedikit terhibur dengan tulisan-tulisan itu. Dan jika Sobat tidak terhibur karenanya, saya mohon maaf. Dilain waktu akan saya coba untuk menulis sesuatu yang bisa menghibur Sobat.

Tetap sehat, tetap semangat!

Covid telah berlalu!

Salam jepret selalu!

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Kitab Fotografi, Edisi Praktis Untuk Pemula Orang Awam
Beberapa sumber lain yang tetap mau disebutkan (Walaupun sudah saya bujuk dengan kopi dan rokok, mereka tetap menolak disebutkan. Saya yakin, pasti salah satu dari mereka adalah Batman, dan sisanya adalah anggota badan intelijen yang super rahasia!)

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar