Kamis, 02 Februari 2023

Fotografi Seni (Fine Art Photography) – Sebuah Penjelasan yang Njelimet dan terbagi Menjadi Beberapa Tulisan – Kajian Bagian Penghabisan


Bunga !
(Fotografi Dramatik)
trisoenoe.com

Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Kalimantan, Kamis, 2 Februari 2023

Salam jumpa rekan-rekan Sobat jepret. Ijinkan saya untuk menyambung renungan saya sebelumnya, yang mengulas tentang fotografi seni. Dan supaya Sobat tidak hilang arah, silahkan Sobat simak tulisan saya pada postingan sebelumnya yang berjudul: "Fotografi Seni (Fine Art Photography) – Sebuah Penjelasan yang Njelimet dan terbagi Menjadi Beberapa Tulisan – Renungan Bagian Keempat". Tulisan ini adalah penjabaran yang penghabisan, silahkan disimak:

Langit Senja !
(Fotografi Dramatik)
trisoenoe.com

Ada perbedaan pandangan antara kegunaan fotografi seni dilihat dari sudut komersil, dalam blog  shutterbug dituturkan bahwa foto seni dapat digunakan sebagai salah satu sumber income karena dapat di komersialkan, sedangkan dalam dalam blog hitam putih, penulis  menemukan  pernyataan bahwa foto seni diciptakan oleh seorang fotografer hanya untuk kepuasan sang fotografi tanpa memikirkan  nilai jual dari foto tersebut sehingga foto seni lebih dianjurkan sebagai hobi saja bukan merupakan suatu pekerjaan.

Sendiri !
(Fotografi Minimalis)
trisoenoe.com

Fine art dalam fotografi sama seperti cabang seni yang lain yang tidak terkait dengan fungsi yang merupakan sebagai media ekspresi atau simbol diri. Seni pada fotografi sering disebut “Fine art“.

Menurut Andreas Feininger (1955), kamera hanyalah sebuah alat untuk menghasilkan “karya seni”. Nilai yang terkandung lebih dari karya seni  itu dapat tergantung dari orang yang menggunakan kamera tersebut.

Ungkapan Feininger memang ada benarnya. Jika  kamera dianalogikan sebagai gitar, pastinya setiap orang dapat memetik senar gitar tersebut. Tetapi  belum tentu orang tersebut mampu memainkan musik yang indah dan enak didengar. Sama halnya dengan kamera, setiap orang bisa saja menjeprat-jepret dengan kamera untuk menghasilkan sebuah objek foto. Tapi tidak semua orang yang mampu memotret itu dapat menghasilkan karya imajinasi  yang ciamik dan super indah. 

Mendung !
(Fotografi Dramatik - Hitam Putih)
trisoenoe.com

Letak keindahan dan kekuatan dari suatu foto terletak pada guratan warna dan komposisi gambarnya, yang akan memunculkan atau menumbuhkan imajinasi serta fantasi dari yang melihat. Seorang fotografer professional, Ferry Ardianto mengutarakan pendapatnya tentang definisi foto yang bagus. Menurut beliau, foto yang bagus itu adalah foto yang informatif yang mencakup konteks, content, dan komposisi (tata letak dan pencahayaan). Maksud beliau, konteks berarti ada hal yang ingin divisualkan dengan jelas, misalnya tentang pemandangan, atau tentang obyek human interest, dan sebagainya.

Demikianlah Sobat jepret, penjelasan dan pemaparan saya tentang Fotografi Seni (Fine Art Photography) yang saya tuangkan dalam lima artikel yang membosankan. Memang kurang lengkap penjelasannya, tapi, saya rasa cukuplah tulisan lima babak itu sebagai bahan penderitaan Sobat jepret sekalian.

Akhir kata, terima kasih banyak karena sudah membaca.

Tetap sehat, tetap semangat.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Laman Fotografiana
Judul artikel: FOTO SENI ( FINE ART PHOTOGRAPHY )
Oleh: Greria Tensa. N dan Utari Ambarwaty

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar