Minggu, 16 Mei 2021

Tips Komposisi Foto, Supaya Lebih Enak Dilihat (Alias Enak di Mata!) - Tulisan Bagian Ketiga


Bunga, dalam Perspektif Rule of Third
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 16 Mei 2021

Salam jumpa lagi Sobat. Seperti janji saya sebelumnya,  artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel kedua (Tips Komposisi Foto, Supaya Lebih Enak Dilihat (Alias Enak di Mata!) - Tulisan Bagian Kedua), dan artikel ini adalah bagian akhir dari ketiga episode tersebut. Silahkan menikmati.

8. Rule of odds (jumlah ganjil)

Contoh foto di bawah menggunakan rule of odds, dengan 3 kelopak bunga putih yang dipilih sebagai objek. Komposisi yang dihasilkan akan lemah jika objek yang dipilih adalah 2 kelopak atau 4 kelopak.

Bunga disajikan dengan "Rule of Odds"
trisoenoe.com

Dengan menitikberatkan pada 3 kelopak bunga putih tersebut, maka image yang ditampilkan pada foto tersebut akan lebih "hidup" dan tidak monoton ketimbang menitikberatkan pada unsur kelopak bunga yang berjumlah 2 atau 4.

9. Pola segitiga

Pola-pola berbentuk segitiga pada fotografi secara estetika terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan pola berbentuk datar ataupun persegi empat. 

Tiga Pemancing
trisoenoe.com

Pada gambar di atas, terlihat pola segitiga yang tampil secara "tersamar" (yang diwakilkan oleh tiga pemancing), namun masih dapat dikenali "eksistensi" nya dalam mempengaruhi aura dalam frame.

10. Repetisi

Perulangan dalam kehidupan sehari-hari bisa menimbulkan kebosanan. Akan tetapi dalam fotografi, perulangan yang dipotret dengan komposisi yang tepat akan menarik perhatian pemirsa dan memberikan kesan keteraturan, ukuran, dan atau jumlah yang masif.

Pola Garis
trisoenoe.com

Teknik penting saat memotret dengan kompsisi berulang adalah pengaturan zoom atau focal length lensa. Focal length yang berbeda memberikan efek distorsi.

11. Memecah pola

Melanjutkan bagian sebelumnya mengenai perulangan, ada teknik lanjutan yang sering diterpakan untuk menghasilkan komposisi yang lebih menarik. Yang perlu Sobat lakukan adalah ‘merusak’ pola dengan menampilkan unsur yang berbeda.

Gunakan unsur yang mengikuti perulangan pola, tetapi memiliki karakter yang membuatnya terlihat mencolok lain dari yang lain. Sebagai contoh, bisa dengan memanfaatkan warna yang berbeda sebagai pemecah pattern. Atur komposisi sebaik mungkin, seperti dengan meletakkan elemen pemecah tersebut pada salah titik rule of third.

Tercampak! Bunga di Koral
trisoenoe.com

Pada contoh gambar di atas, terlihat adanya obyek bunga berwarna merah pada pola batu kerikil yang berulang. Obyek tersebut terlihat seperti "merusak", namun malah menambah nilai estetis dari keseluruhan foto

Nah Sobat, demikianlah 11 tips komposisi foto, yang menurut saya, elok untuk diterapkan ke dalam kegiatan jepret menjepret yang Sobat jalani. 

Akhir kata, semoga Sobat terhibur dengan artikel tiga episode ini.

Tetap sehat, tetap semangat, dan patuhi protokol kesehatan ya Sob!

Covid pasti berlalu!

Salam Jepret Selalu

Artikel ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar