Selasa, 10 Januari 2023

Fotografi Dramatik (Cerita Tentang Satu Aliran Fotografi, yang Disajikan Dalam Dua Tulisan, Ditambah 4 Gelas Kopi Hitam dan Dua Bungkus Rokok) – Bagian Kedua


Mendung - Barito Kuala
Fotografi Dramatik
trisoenoe.com

Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Kalimantan, Selasa, 9 Januari 2023

Selamat pagi, siang, sore, dan malam rekan-rekan Sobat jepret. Perkenankan saya untuk menyambung tulisan saya sebelumnya yang mengulas tentang fotografi dramatik. Dan supaya Sobat tidak bingung, silahkan Sobat simak tulisan saya pada postingan sebelumnya yang berjudul: "Fotografi Dramatik (Cerita Tentang Satu Aliran Fotografi, yang Disajikan Dalam Dua Tulisan, Ditambah 4 Gelas Kopi Hitam dan Dua Bungkus Rokok) – Bagian Pertama". Tulisan ini adalah penuturan bagian kedua, silahkan disimak:

Jembatan & Mimpi - Barito Kuala
Fotografi Dramatik
trisoenoe.com

Nyawa Dari Fotografi Dramatik

Ada tiga unsur utama dalam fotografi dramatik: bentuk, warna, dan cerita. Adalah penting bagi seorang fotografer yang mendalami fotografi dramatik untuk belajar berpikir tentang tiga unsur penting ini.

Bentuk: Berarti citra dimensi dari sebuah objek dalam foto. Bentuk berperan sebagai tempat dimana foto dramatik dibuat. Pada dasarnya, bentuk menciptakan pusat dari sebuah foto sementara warna dan cerita menjadi penguat dari pesan dalam foto itu. Karena itu, penting bagi sebuah foto dramatik untuk dimulai dengan bentuk yang berbeda atau mencolok. Ini bisa dilakukan dengan memilih objek yang punya ‘bentuk’ yang menarik, mencolok, atau dinamis.

Warna: Warna dapat menarik perhatian orang yang melihat dan menstimulasikan sistem persepsi mereka. Warna bukan hanya menarik, tapi juga bisa mengunci perhatian. Kalau mata orang yang melihat bergerak ke sekeliling frame, maka warnalah yang akan menariknya ke pusat. Cara lain dalam menggunakan warna adalah menghasilkan sebuah foto dalam warna yang benar-benar kontras.

Cerita: Cerita dalam suatu foto memiliki peran untuk menyampaikan pesan kepada para penikmatnya, tentang apa yang ada dalam foto itu sendiri.

Sore di Pantai - Carita, Banten
Fotografi Dramatik
trisoenoe.com

Selain dari tiga unsur di atas, ternyata fotografi dramatik juga mengalami nasib yang sama dengan "mazhab" fotografi lain, dimana biasanya "tunduk" (walaupun tidak harus juga, tergantung si fotografernya) pada aturan-aturan yang lumrah di dunia jeprat-jepret saat ini. Beberapa aturan itu adalah: 

Komposisi

Komposisi adalah bagaimana benda-benda dalam sebuah foto diatur untuk saling menguatkan satu sama lain. Ada banyak pendekatan untuk melakukan ini. Tapi ada dua yang cenderung digunakan dalam fotografi dramatik.

Rule-of-thirds 

Yaitu meletakkan point of interest di sepertiga bagian frame.

Tanpa aturan 

Inilah salah satu hal yang paling menarik tentang fotografi dramatic. Kita tidak perlu mengikuti aturan yang ada. Apapun komposisinya, apapun point of interestnya, semuanya dapat diterima oleh foto dramatik. Dan Ketika keindahan hadir tanpa adanya satu aturan, maka keindahan itu menjadi keindahan yang sejati.

Sobat, hanya sebatas itu yang dapat saya jabarkan mengani fotografi dramatik.

Hingga saat ini, saya masih mendalami aliran fotografi yang menarik ini. Mohon doanya agar saya benar-benar mampu memahami fotografi dramatik ini.

Akhir kata.....Salam Jepret Selalu

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar