Selasa, 13 Juni 2023

Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Pertama


Penjual Kopi Keliling
Fotografi Vintage
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Selasa, 13 Juni 2023

Selasa, malam Rabu di pertengahan bulan Juni di tahun 2023. Bulan ini jadi bulan yang punya arti dobel buat saya. Bukan karena bulan ini penuh dengan kejadian-kejadian yang indah atawe menggembirakan, tetapi karena di bulan ini saya jadi pengangguran benar-benar alias tak ada kerja sama sekali. 

Ya! Bulan ini saya resmi menjadi pengangguran karena kontrak saya tak lagi diperpanjang oleh kantor. 

Dan di malam ini, karena pikiran saya sedang sumpek, saya beranikan diri untuk sekedar jalan cari angin. Di kantong kanan celana saya hanya ada uang sepuluh ribu perak, sedang di kantong sebelah kiri ada lima batang rokok lintingan sisa tadi siang. Kantong-kantong lainnya hanya ada angin saja. Sungguhpun demikian saya pergi juga ke kedai kopi mas Bowo dengan harapan akan bisa bikin enteng kepala. Tetapi rupanya saya datang terlalu cepat. Pada pukul 19.30 begitu kawan-kawan fotografer (seniman) yang biasa kongkow di kedai kopi mas Bowo belum ada satupun yang muncul.

Kedai Kopi
Fotografi Vintage
trisoenoe.com

Mau pulang tanggung, di rumah juga suntuk dan suasananya bikin kepala mau pecah. Biar saya tunggu sambil ngopi di kedai kopi mas Bowo sajalah, sambil merenung cari inspirasi. Satu jam, tidak apa-apa, saya kepingin betul dengar kelakar teman-teman fotografer saya yang seniman, biar saya bisa tertawa dan jadi enteng hati. Pikiran saya betul-betul sumpek malam itu.

“Om!” suara teguran, saya menoleh. Bedul berdiri disamping saya, “Om tahu berapa harga satu lensa kit?”

“Tidak. Saya belum pernah berniaga lensa kamera,” jawab saya asal saja karena rada kaget. Mata bedul jadi tajam. Saya jadi tak enak hati. Jawaban saya tadi tentu tak sedap di kuping dia.

“Saya tahu! Saya juga tak akan kasih jual sama om. Om tentunya tak akan beli karena om sudah tak ada kamera. Saya cuma tanya sama om, kira-kira bakal laku berapa lensa ini kalau saya kasih jual. Tebak saja kira-kira laku berapa?

“Sekitar empat ratus… eh… mungkin bisa laku lima ratus barangkali.” Buru-buru saya sambung, Lima ratus lima puluh ribu perak.”

"Enam ratus lima puluh ribu perak!"

"Enam ratus lima puluh ribu perak?"

"Iya om! Saya ada dua lensa kit yang masih bagus punya, lancar jaya, dan pasti laku."

"Jadi, sejuta tiga ratus." sambung saya.

"Benar om. Tapi sekarang ini saya hanya butuh lima ratus ribu saja. Sekarang ini, perlu betul. Bisa kasih pinjam saya om...?"

"Maaf. Nggak bisa Dul..."

"Tiga ratus, lah."

"Saya tidak bisa jawab lagi. Saya cuma bisa diam dan menyeruput kopi yang sudah dingin yang sudah satu jam lalu saya pesan. Di kantung saya hanya ada uang sepuluh ribu perak dan lima batang rokok lintingan.

Itulah Sobat, cerita tentang Cara Memotret dengan Style Vintage bagian pertama. Dan cerita ini akan saya sambung lagi ke bagian yang kedua, dengan judul: “Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Kedua”, semoga Sobat bisa terhibur dan bisa dapat banyak senang saat membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Hidup akan berakhir indah, dan kalau belum indah, itu artinya hidup belum berakhir!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar