Senin, 11 Desember 2023

Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Kelima


Suasana Kota Tua
(Vintage Photography)

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 11 Desember 2023

Selamat hari Senin Sobat jepret semuanya (itupun kalau Sobat membaca artikel ini pada hari Senin!). Perkenankan untuk menyambung penuturan saya yang terdahulu, yang berceloteh mengenai Cara Memotret dengan Style Vintage. Sekedar saran, supaya Sobat dapat mengerti artikel ini seutuhnya, saya persilahkan Sobat untuk membaca corat-coret saya pada artikel sebelumnya yang berjudul: "Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Keempat". Dan tulisan ini adalah cerita bagian kelima silahkan disimak:

5. Mainkan tonal range

Tonal range mengacu pada distribusi terang dan gelap foto. Foto vintage biasanya memiliki tonal range yang tidak selebar foto digital sekarang. Bagian yang hitam/bayangan biasanya tidak pekat dan bagian yang terang tidak putih murni. Kita bisa mengatur tonal range di software pengolah foto seperti di menu Tone Curve di Photoshop atau Lightroom.

6. Perbaiki saturasi warna dan kontras

Awal-awalnya, warna foto tidak sepekat warna di fotografi digital. Dengan menurunkan saturasi warna dan kontras, kesan vintage lebih bisa terasa. Efek ini juga terkenal sebagai efek pastel yang memberikan kesan lembut sehingga populer untuk kalangan wanita.

Suasana Kota Tua
(Vintage Photography)

7. Jangan lupakan tekstur

Setelah puluhan tahun foto yang dicetak menjadi rusak, retak dan kasar karena kelembaban, cahaya matahari berlebihan dan sebagainya. Untuk membuat kesan tua, kita bisa menggabungkan foto tekstur (seperti kertas lama) di Photoshop.

Caranya sederhana yaitu membuat dua layer di Photoshop dan menggabungkan keduanya dengan mode Overlay, multiply, soft light, color burn dan lain lain. Selanjutnya kita bisa mengatur intensitas dengan mengatur slider Opacity dan Fill.

Setelah semua pesan itu, lalu si Bedul kirim lagi pesan tambahan lagi, kali ini tulisannya berkesan sedikit menggurui buat saya.

“Nah, itu om, beberapa tips atawe cara yang bisa Om pakai untuk bikin foto dengan aura vintage yang kental. Sebenarnya saya bukan bosan atau jenuh dengan foto hitam putih Om (walaupun saya akui, belakangan ini saya sedikit jenuh dengan hitam dan putih), tapi saya juga harus realistis. Terlalu idealis dengan satu aliran akan membuat jiwa kita terkungkung dan kerdil, dan seorang seniman yang tulen tak akan bisa hidup dengan jiwa yang kerdil!”

“Salam jepret selalu Om!”

Saya tersenyum saat membaca pesan dari Bedul. Tuhan rupanya punya rencana yang manis untuk saya. Memanglah saya memang tak dapat senang pada saat saya bertemu dengan sobat saya Bedul dua hari lalu, tapi akhirnya saya bisa juga tersenyum hari ini (walaupun sedikit).

Itulah Sobat, cerita tentang Cara Memotret dengan Style Vintage bagian kelima. Dan cerita ini akan saya sambung lagi ke bagian yang penghabisan, dengan judul: “Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Terakhir”, semoga Sobat bisa tertawa dan bahagia saat membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Hidup akan berakhir indah, dan kalau belum indah, itu artinya hidup belum berakhir!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar