Sabtu, 09 Desember 2023

Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Keempat


Stasiun Beos
(Vintage Photography)

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 9 Desember 2023

Selamat pagi, siang, sore dan malam Sobat jepret semuanya. Mohon ijin untuk menyambung cerita saya sebelumnya, yang bertutur tentang Cara Memotret dengan Style Vintage. Dan supaya Sobat bisa menikmatinya, saya persilahkan Sobat membaca penuturan saya pada artikel sebelumnya yang berjudul: "Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Ketiga". Dan tulisan ini adalah cerita bagian keempat silahkan disimak:

Setelah saya habiskan kopi dan membayar semua kopi dan gorengan, saya langsung pulang. Saya tinggalkan si Bedul bangsat itu yang masih saja duduk di sana sambil merokok. Geram betul hati saya, pandai betul anak itu bikin orang penasaran. Gagal sudah rencana saya untuk ketawa dan bikin senang hati, yang ada malah tambah sumpek isi kepala ini.

Potret Perempuan
(Vintage Photography)

Dua hari kemudian, saya dapat kiriman pesan dari Bedul di HP saya.

"Coba disimak baik-baik ya Om, BEBERAPA CARA UNTUK MEMBUAT FOTO DENGAN NUANSA VINTAGE” 

1. Kombinasikan kamera digital dengan kamera analog

Cara paling mudah untuk mendapatkan efek vintage pada foto adalah menggunakan kamera roll film yang lama. Tapi jika Sobat tidak ingin berurusan dengan roll film yang memang njelimet serta tidak praktis dan juga mahal, Sobat bisa gunakan kamera tua itu sebagai “filter”. Arahkan objek yang ingin Sobat potret dengan kamera tua milik Sobat, lalu bidik kamera DSLR atau digital atau apapun itu ke bagian viewfinder kamera tua tersebut. Tapi untuk menggunakan teknik ini, sebaiknya Sobat mempunyai kamera tua dengan bagian viewfinder yang cukup besar, sehngga lebih mudah untuk dibidik.

2. Pergunakan pengaturan “grain” saat foto di edit

Salah satu fitur yang paling menonjol dari foto vintage adalah sifat grainy atau kekasaran fokus pada foto. Cara paling mudah untuk memberikan foto Sobat karakteristik vintage adalah memainkan pengaturan grain pada saat proses mengedit, baik itu pada aplikasi photoshop ataupun di Instagram.

3. Pilih obyek yang senada dengan tema

Selain warna dan efek yang digunakan, kunci dari sebuah foto adalah obyek. Jika Sobat ingin membuat sebuah foto dengan aura vintage, pastikan kalau obyek foto tersebut cocok dengan temanya. Contohnya seperti ini, jika Sobat memotret sebuah laptop, sedahsyat apapun Sobat edit foto tersebut, foto itu tidak akan sepenuhnya menjadi vintage karena obyek tersebut memanglah bukan obyek yang tepat untuk sesuatu yang vintage. Gunakan benda atau pakaian yang memang terlihat tua atau sedikit usang, agar foto tersebut akan menjadi lebih bisa se”irama” dengan tema vintage.

Sang Gadis
(Vintage Photography)

4. Atur toning warna

Toning warna adalah proses untuk memasukkan warna ke dalam foto. Untuk tema vintage, yang paling populer adalah dengan memasukkan warna orange atau coklat yang terkenal dengan nama sepia. Toning warna ini biasanya untuk memperkuat aura nostalgia dan romantisme.

Itulah Sobat, cerita tentang Cara Memotret dengan Style Vintage bagian keempat. Dan cerita ini akan saya sambung lagi ke bagian yang kelima, dengan judul: “Cara Memotret dengan Style Vintage? (Jawaban Dari Fotografer Foto Hitam Putih yang Jenuh Memotret Hitam Putih dan Sekarang Hobby Motret dengan Style Vintage) - Bagian Kelima”, semoga Sobat bisa dapat banyak senang dan sembuh dari kepala pusing saat membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat, dan seperti kata pepatah; "Hidup akan berakhir indah, dan kalau belum indah, itu artinya hidup belum berakhir!"

Salam jepret selalu.

Artikel ini diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar