Sabtu, 20 Maret 2021

Empat Kesalahan Yang Lumrah Dilakukan oleh Fotografer Pemula (Tulisan Bagian Kedua)


Fotografi Minimalis
trisoenoe.com


Ciledug, Tangerang Kota, Sabtu, 20 Maret 2021

Selamat hari Sabtu ya Sob! 

Seperti janji saya kemarin, ini adalah sambungan dari artikel yang saya tulis kemarin dengan judul:"Empat Kesalahan Yang Lumrah Dilakukan oleh Fotografer Pemula (Tulisan Bagian Pertama)". So, silahkan dibaca ya Sob, semoga berkenan.

Kalau sebelumnya, kesalahan yang dibahas adalah "cepat menyerah" dan "menggunakan lensa wide untuk portrait", maka kali ini yang akan dibahas adalah hasil foto yang kurang tajam akibat kamera yang "bergoyang", serta tidak ada subyek yang jelas dalam foto. Dan ini adalah penjabarannya:

Street Photography
trisoenoe.com

Foto Blur akibat kamera “bergoyang”

Hasil foto seperti ini yang sering kali menimbulkan penyesalan dan pilu di hati. Pada Shutter Speed lambat seperti 1/8 detik dan bahkan terkadang di 1/80 detik, kamera akan merekam efek dari goyangan kamera (camera-shake). Fotografer pemula tidak pernah menyadarinya, dan para fotografer PRO sering mengasumsikan foto tersebut baik-baik saja dan tidak berniat untuk menaikkan pengaturan ISO. Goyangan kamera bisa super nyebelin (kecuali jika memang disengaja), karena bisa bikin hasil foto jadi blur ga jelas

Portrait Photography
trisoenoe.com

Cara untuk mendapatkan foto jadi tajam adalah dengan berusaha sebaik mungkin agar kamera tidak bergerak (diam), dan salah satu metode terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Tripod. Tidak masalah jika Sobat tidak ingin repot membawa Tripod kesana-kemari, atau tidak ingin berinvestasi pada perangkat ini. Lensa-lensa modern saat ini sudah banyak yang memiliki fitur untuk mengurangi dampak dari camera-shake, dan kamera modern sudah memiliki kualitas bagus pada pengaturan ISO tinggi (sehingga Sobat bisa tenang menggunakan Shutter Speed cepat). 

Pastikan Sobat diam tidak bergerak untuk sekian detik ketika menjepret, hal ini akan menghindarkan foto sobat dari dampak camera-shake. Jangan takut untuk menaikkan pengaturan iso, jika masih mendapatkan Shutter Speed yang terlalu lambat, dan jika mamungkinkan, carilah sesuatu yang bisa jadi dudukan agar kamera kalian tetapi diam (misalnya, pakai tatakan kursi, atau batu bata, atau batako, dan sebagainya).

Still Life Photography
trisoenoe.com

Tidak Ada Subyek yang Jelas pada Foto

Sebuah foto tidak akan ciamik kalau tidak jelas apa yang ingin disampaikan oleh si fotografer, atau bisa karena terlalu banyak elemen yang mengganggu dan memecah perhatian penikmat foto dari subyek utama foto. Kecenderungan ini umumnya terjadi karena perbedaan antara bagaimana kita melihat dunia nyata dan bagaimana kamera mengabadikannya. 

Sobat bisa mengatasi hal ini dengan beberapa cara: Mendekatlah pada obyek. Orang seringkali ingin sebisa mungkin memotret semua adegan atau pemandangan dengan menggunakan wide angle dari kejauhan, tetapi ini akan membuat subyek terlihat kecil, banyak detail akan terlewatkan.

(baca juga artikel tentang: "Mendekatlah! Dan Foto Sobat Akan Jauh Lebih Baik!") 

Street Photography
trisoenoe.com

Contoh yang lain adalah memotret manusia atau hewan dari kejauhan dengan alasan takut mendekat. Berusahalah untuk mendekat, bereksperimenlah agar subyek menjadi menonjol dengan menggunakan warna atau pencahayaan. Periksa elemen-elemen yang mengganggu yang ada di background, dan pastikan Sobat tahu apa yang kalian potret.

Demikianlah, empat kesalahan yang sering dilakukan oleh fotografer pemula (seperti saya). Tapi, seperti kata pepatah, manusia adalah tempatnya salah. Dan seandainya Sobat masih terus buat kesalahan, tenang Sob, selalu ada cara untuk menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah kita perbuat.

Jadi, quote dalam artikel ini adalah: 


“Jangan takut berbuat salah, karena akan selalu ada sahabat yang bisa kita salahkan atas kesalahan yang kita perbuat!”

Nah, demikianlah artikel ini saya buat dalam dua bagian, agar Sobat sekalian dapat menikmatinya dalam waktu senggang.

Terima kasih karena sudah membacanya.

Tetap sehat, tetap semangat. Ingat pesan Ibu.

Salam Jepret! 

Artikel ini diadaptasi dari artikel ariespiskha 
(7 December 2012)


Judul Asli Artikel: Kesalahan Yang Dilakukan Fotografer Pemula

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar