Senin, 29 Maret 2021

Kesalahan Sederhana (yang mungkin terjadi) Pas Lagi Jeprat-Jepret


Komposisi garis
trisoenoe.com


Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Senin, 29 Maret 2021

Sering kali pas kita pas kita lagi asyik jeprat-jepret, kita tidak sadar kalau ternyata ada kesalahan-kesalahan sederhana yang kita lakukan. Tapi ternyata kesalahan sederhana tersebut bisa mempengaruhi hasil jepretan kita loh Sobat. 

Simak tipsnya disini ya Sob, untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Model Photography
trisoenoe.com

1.Sebelum memotret, periksa kembali semua objek yang akan masuk ke dalam frame

Sobat perlu mengecek kembali apakah ada objek yang dapat mengganggu keseluruhan dari foto Sobat yang kurang enak dilihat, seperti ada tumpukan sampah, atau ada batang pohon nyelalang di tengah, atau ada gerobak tahu bulat yang menghalangi obyek foto. 

Memang, kesalahan ini bisa sedikit di”permak”. Sobat dapat menggunakan photoshop untuk mengedit foto itu dan menghilangkan obyek yang mengganggu. Tetapi, akan jauh lebih mantab kalau Sobat bisa menghindari hal ini dengan mencari sudut atau angle lainnya yang lebih aman.

Komposisi elemen garis dan lengkung
trisoenoe.com

2. Perhatikan garis, kabel, dan elemen lain yang bersifat "kuat"

Adanya garis liar pada foto dapat mempengaruhi hasil foto karena garis merupakan elemen yang sangat kuat dan dapat mengalihkan perhatian bagi yang melihat. Misalnya ketika Sobat memotret sungai dari atas jembatan, foto menjadi tidak menarik ketika ada bagian dari jembatan yang masuk ke dalam foto.

Nature Photography
trisoenoe.com

3. Garis cakrawala atau horizon terlihat miring

Nah, kalau ini memang biasanya jamak banget terjadi. Biasanya banyak terjadi pas Sobat mengambil foto pemandangan alam. Misalnya ketika Sobat mengambil foto sunset (biasanya sih motretnya di pantai) dan tidak sengaja memotret miring, Sobat tentu dapat mengeditnya di photoshop, tetapi akan lebih baik kalau Sobat bisa menghindari hal ini pada saat memotret.

Portrait Photography
trisoenoe.com

4. Hati-hati saat memotret orang

Sobat perlu memperhatikan ketika memotret orang, agar tidak ada bagian yang terpotong pada bagian yang kurang tepat, misalnya memotong pada bagian kaki, dengkul, jidat, atau lain-lain.

Demikianlah Sob, empat kesalahan sederhana, yang mungkin terjadi pas lagi kita jeprat-jepret.

Tetap Semangat, Tetap Sehat, dan Ingat Pesan Ibu.

Pendemi ini pasti berlalu!

Catatan: 
Artikel ini ditulis, Ketika Sobat saya bertanya mengenai hasil jepretannya yang menurut Sobat saya itu kurang cihuy. Walaupun saya sebenarnya ogah untuk untuk menjawabnya, karena menurut saya, semua foto jepretan Sobat saya itu, super cihuy semua.

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar