Kamis, 22 April 2021

BAGAIMANA MEMULAI FOTOGRAFI HITAM PUTIH (Sedikit saran dari Saya...Seseorang yang bukan fotografer !) - Bagian Pertama


Foto Arsitektur
Dalam Hitam dan Putih
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Kamis, 22 April 2021

Fotografi hitam putih adalah bidang fotografi artistik yang menarik sekaligus menantang. Bahkan orang yang tidak peduli tentang fotografi sekalipun, tetap dapat menemukan diri mereka tertarik pada gambar hitam putih yang menarik. Sebagai seorang fotografer, hitam dan putih memungkinkan Sobat menemukan karakter yang benar-benar baru dalam subjek yang sudah dikenal. Bagi banyak fotografer digital, fotografi hitam putih tidak lebih dari fotografi berwarna yang diubah oleh perangkat lunak. Ini adalah masalah penilaian Sobat sendiri, apakah cara ini bisa diterapkan untuk foto Sobat.

Seringkali, gambar yang Sobat asumsikan akan bertransformasi dengan indah menjadi foto hitam dan putih, ternyata hasilnya malah bikin sedih, alias mengecewakan. Sebaliknya, terkadang foto yang tidak pernah Sobat bayangkan akan menarik, ternyata setelah ditransformasi menjadi hitam dan putih, ternyata hasilnya sangat ciamik.

(baca juga artikel tentang fotografi hitam dan putih: FOTOGRAFI HITAM PUTIH - MEMOTRET "SEGALANYA"..........TANPA WARNA !) 

Walau demikian, sebagian besar fotografer serius akan memberi saran pada Sobat, bahwa foto hitam putih terbaik baru bisa didapat apabila si fotografer sengaja mengambilnya dengan format gambar hitam putih. Ini menciptakan pola pikir yang sama sekali berbeda dalam hal bagaimana Sobat memilih dan mendekati subjek foto Sobat. 

Dengan membiasakan diri memotret dalam hitam dan putih, Sobat akan mulai melihat potensi dalam subjek yang biasanya tidak pernah Sobat pertimbangkan untuk fotografi warna.

Jika Sobat belum pernah serius dalam fotografi hitam putih, berikut beberapa tip sederhana untuk membantu Sobat memulainya.

Tips Fotografi Hitam Putih Yang Pertama


Memilih Subjek. 

Beberapa subjek cocok untuk diwarnai tetapi tidak terlalu efektif dalam hitam dan putih. Misalnya, foto matahari terbenam mengandalkan warna langit yang bagus untuk dampaknya, dan jarang menghasilkan gambar hitam putih yang bagus. Burung warna-warni, bunga, mode… sering kali satu-satunya pendekatan logis adalah dengan memotret subjek Anda dalam warna. Di sisi lain, beberapa subjek cocok untuk fotografi hitam putih.

Still Life Photography dalam Hitam dan Putih
trisoenoe.com

Karena ini adalah media 'kuno', ini sering berhasil dengan baik dengan subjek kuno. Barang-barang pedesaan seperti peralatan pertanian tua, gubuk yang runtuh, pagar kayu tua semuanya bisa menjadi subjek yang bagus untuk foto hitam putih.

Portrait Photography
Dalam Hitam dan Putih
trisoenoe.com

Saat memotret orang, usia juga bisa menjadi faktornya. Potret close-up wajah lansia yang menunjukkan semua garis dan lipatan tahun mereka di bumi dapat memberikan dampak yang jauh lebih besar dalam warna hitam dan putih.

Ini hanya artikel pendek, jadi contoh-contoh ini hanyalah puncak gunung es. Sobat akan menemukan banyak subjek bagus begitu Sobat mulai berpikir dalam hitam dan putih.

Jadi, cukup sekian untuk bagian pertama ini ya sob, dan akan saya sambung lagi nanti, dalam bagian kedua (BAGAIMANA MEMULAI FOTOGRAFI HITAM PUTIH (SEDIKIT SARAN DARI SAYA...SESEORANG YANG BUKAN FOTOGRAFER!) - Bagian Kedua)

Tetap sehat, tetap semangat, dan Ingat Pesan Ibu

Covid pasti berlalu

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar