Jumat, 23 April 2021

BAGAIMANA MEMULAI FOTOGRAFI HITAM PUTIH (Sedikit saran dari Saya...Seseorang yang bukan fotografer !) - Bagian Kedua


Human Interest Photography
trisoenoe.com

Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Jum'at, 23 April 2021

Sobat, artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel pertama (BAGAIMANA MEMULAI FOTOGRAFI HITAM PUTIH (SEDIKIT SARAN DARI SAYA...SESEORANG YANG BUKAN FOTOGRAFER!) - Bagian Pertama). Silahkan menikmati.

Tips Fotografi Hitam Putih Yang Kedua


'Melihat' Subjek Sobat Dalam Hitam Putih 

Saat pertama kali mendekati calon mangsa untuk dijepret, Sobat harus membayangkan apa yang akan terjadi pada subyek tersebut jika disajikan dalam balutan hitam dan putih. Cobalah untuk melihatnya dari segi garis dan bentuk, bayangan dan kontras. 

Komposisi Garis dan Lengkung
trisoenoe.com

Sobat akan mulai melihat subjek tersebut dalam perspektif yang sama sekali baru. Sobat bahkan mungkin akan mendapati diri Sobat memperbesar fitur tertentu, atau memotret subjek dari sudut yang mungkin sebelumnya tidak pernah Sobat pikirkan. Satu hal yang pasti; setelah Sobat masuk dan menyatu dengan 'atmosfer hitam putih' kamera Sobat akan mengekspresikan karakter subjek dengan cara yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya.

Tips Fotografi Hitam Putih Yang Ketiga 


Gunakan Cahaya Untuk Memperkuat Kharakter si Subyek 

Karena foto hitam putih sangat bergantung pada bayangan untuk menentukan bentuk dan detail, pendekatan Sobat terhadap pencahayaan dapat memberikan "nafas" yang akan memperkuat sang subyek yang ada dalam frame. Sebagai (bukan) fotografer, saya sering memotret foto hitam putih dengan cara yang sangat berbeda dari foto berwarna.

Komposisi Garis Diagonal
trisoenoe.com

Sobat mungkin pernah mendengar aturan bahwa fotografi lanskap terbaik dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari rendah dan cahayanya lembut dan merata. Nah, dalam fotografi hitam putih saya sering mencari hal yang sebaliknya. Untuk menciptakan definisi yang lebih baik dalam sub-bagian, saya akan sering mengambil foto saya di bagian tengah hari, untuk menciptakan bayangan yang lebih tebal untuk menekankan garis dan bentuk dalam komposisi. Saya juga lebih cenderung mengambil foto yang memandang langsung ke arah matahari, untuk menghasilkan siluet yang memanfaatkan pepohonan, berbagai obyek, dan bentuk kuat lainnya secara maksimal di langit.

Sebelumnya saya menyebutkan potret orang yang sangat tua, atau potret wajah dari seorang gadis. Jika garis-garis pada wajah yang memberikan karakter pada gambar, Sobat perlu memastikan pencahayaan dari sudut yang menghasilkan bayangan pada lipatan. Jadi, Sobat mungkin mencari pencahayaan dalam foto hitam putih yang dianggap tidak menarik dan tidak cocok untuk foto berwarna.

(baca juga artikel tentang foto hitam putih: "Fotografi Hitam Putih - Kenikmatan Dalam Foto Hitam Putih")

Portrait Photography
trisoenoe.com

Jadi di sana Sobat memiliki tiga tip yang sangat sederhana untuk fotografi hitam putih. Perhatikan bahwa semuanya tentang pendekatan kreatif, bukan tentang pengaturan dan teknik kamera. Faktanya seringkali, hitam dan putih tidak memerlukan keahlian teknis yang berbeda dengan fotografi warna. Untuk mengambil foto hitam putih yang lebih baik, Sobat tidak perlu mengubah cara Sobat menggunakan kamera. Sebenarnya, Sobat dapat menerapkan berbagai pendekatan sudut menggunakan cahaya, bayangan, dan komposisi untuk menangkap karakter yang ditawarkan oleh fotografi hitam putih.

Jika Sobat menyukai fotografi dan ingin memperluas wawasan, saya yakin, Sobat akan mulai menikmati bereksperimen dengan foto hitam dan putih. Ini mungkin membuka pemahaman yang baru di benak Sobat pada dunia fotografi yang sudah Sobat tekuni sebelumnya.

(Baca juga artikel dan juga beberapa foto hitam putih dalam artikel: Wall of Fame #2 (Black & White Photography)") 

Demikianlah, sedikit saran dari saya, (yang bukan) seorang fotografer. Semoga berhasil, dan selamat memotret!

Tetap sehat, tetap semangat, dan Ingat Pesan Ibu

Covid pasti berlalu

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar